Sabtu, 28 Agustus 2010

Sejarah Kubus Rubik

kubus rubik! apa itu kubus rubik? pasti hal tersebut yang muncul dibenak kita kalau mendengar kata kubus rubik!
Kubus rubik atau yang dikenal sebagai cube adalah sejenis mainan yang berbentuk kubus yang cara memainkanya dilakukan dengan cara memutar-mutar bagian sisinya,tapi bukan sembarangan diputat-putar saja melainkan mengelompokkan setiap warna yang awalnya berantakan atau acak-acakan menjadi rapi kembali.


Tampilan kubus rubik atau cube, cukup menarik karena memiliki berbagai macam warna di setiap sisinya, ya tentu saja namanya juga mengelompokan warna sudah pasti terdapat beragam warna .
warna-warna tersebutbiasanya terdiri dari enam warna yaitu: merah, kuning, biru, hijau, oranye, dan putih. Tetapi ada juga yang menggunakan warna cerah untuk menganti warna dasarnya seperti mengganti warrna merah menjadi warna merah muda atau yang sering kita sebut sebagai warna pink.


Darimana ya asalnya kubus rubik/cube ini tercipta?
Kubus rubik/cube ini di ciptakan pada pertengahan tahun 70an oleh seorang Profesor Erno Rubik (66) yang merupakan seorang arsitektur dan pematung dari Hongaria, yang pada saat itu ia bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest, Hongaria.


Awalnya kubus rubik/cube di ciptakan sebagai alat peraga akan tetapi seiring berjalanya waktu kubus rubik/cube ini mulai di jual di toko-toko mainan di Hongaria, sebelumnya ia menamai kubus kubus peraganya menjadi magic cube atau kubus ajaib. Kubus ini juga mulai diperkenalkan ke dunia internasional oleh salah satu toko mainan bernama Ideal Toys melalui pameran mainan di Paris, London, New York, dan Nuremberg.
Ternyata mainan ini  menarik banyak peminat sehingga terjual sampai jutaan unit bahkan hingga menarik para ahli matematika dan komunitas akademik.


Seiring berjalanya waktu bentuk kubus rubik/cube mulai bermacam macam ragamnya, yang dulunya hanya berbentuk kubus sekarang ada yang berbentuk segi tiga, bola, segi lima, bintang, dan kombinasi bentuk kubus dengan lingkaran, sehingga membuat tampilan kubus rubik/cube terlihat indah dan menawan.
Format kubus rubik/cube juga tidak kalah macamnya yang dulu hanya berformat 3x3xx3,sekarang ada yang sampai 7x7x7 yang 2x2x2 jg ada loh,tapi yang 1x1x1 ya tidak ada hehehe, kalau 1x1x1 apa yang mau diputar? jadi kubus biasa dong hehehehe.
Selain itu bentuk kubus dan format yang semakin beragam merupakan tantangan tersendiri loh, karena cara penyelesaianya tentu akan berbeda dari biasanya.


Ternyata penggemar kubus rubik/cube cukup banyak lo walau terlihat jarang, tapi mereka tetap ada dan terbentuk sebagai komunitas-komunitas, melalui perkembangan teknologi yang semakin canggih banyak para cuber dapat saling berbagi informasi seputar kubus rubik/cube, salah satunya ada yang saling adu kecepatan dalam menyelesaikan kubus rubik/cube.


Di Indonesia juga terdapat bayak komunitas kubus rubik seperti Jakarta Rubik's Cube Club (JRCC),Bandung Cuber Club, Bogor Speedcubing Club dan lain lain. Ternyata tidak hanya di kota-kota besar saja yang terdapat komunitas kubus rubik di kota-kota kecil juga ada seperti Purwokerto dan Banyumas Cubing komunitas tersebut bernaung di bawah Nusantara Speed Associaton (NSA). Kubus rubik/cube juga memiliki komunitas internasional loh! yaitu World Cube Association (WCA)




Hebat ya,yang bermula dari alat peraga bisa menjadi mainan yang mengasyikan padahal mainan ini populer pada era 1980 loh!


Sumber: Kompas

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.