Minggu, 02 Februari 2014

進撃の巨人-Attack On Titan (2013)

Kehidupan tenang, bahagia dan terasa lambat terkadang membuat bosan. Tetapi sebenarnya menggembirakan. Tapi bagaimana jadinya bila ketenangan, kedamaian, bahagiaan, dan hal-hal baik lainnya terusik bahkan terampas dalam diri setiap orang?



Eren dan Mikasa
Yah hal tersebutlah yang dirasakan oleh tokoh-tokoh anime satu ini yang berjudul Attack On Titan (進撃の巨人) Diceritakan seseorang anak laki-laki bernama Eren Yeager yang sedang tertidur dibawah sebatang pohon dan bermimpi hal yang seram. Akan tetapi mimpi seramnya terputus begitu saja karena ia terbangun oleh keseraman mimpi yang ia lihat. Setelahnya Eren pulang kerumah bersama seorang cewek yang menjadi saudara angkatnya bernama Mikasa Ackerman


Ayah dan Ibu Eren
Mereka berdua pulang sambil membawa ranting pohon hasil kumpulan mereka yang akan digunakan sebagai kayu bakar. Saat itu mereka hidup di tahun 845 di Shiganshina Distik シガンシナ (bersetting eropa kuno). Dalam perjalanan pulang Eren bertemu dengan Hannes salah satu penjaga benteng Maria yang mengguyoni Eren dan Mikasa. Karena marah Eren mengatakan bahwa ia akan mejadi salah satu anggota Recon Corps yaitu organisasi negara yang bertugas sebagai pengintai pergerakan Titan pemakan manusia yang berada dibalik benteng yang mereka huni. Sambil berlalu, Eren dan Mikasa mendengar para pasukan Recon Corps kembali ke dalam benteng. Sayangnya para Recon Corps yang menjadi idola Eren terlihat
Eren yang dimarahi Carla
sangat menyedihkan. Mereka kembali dengan kondisi penuh luka, lesu, dengan jumlah yang berkurang. Sesampai dirumah Eren tetap mengutarakan keinginannya bila telah dewasa nanti akan menjadi salah satu dari mereka. (Maklum lah cita-cita).






Armin
Tapi karena dimarahi ibunya Eren pergi dari rumah untuk bertemu sahabatnya bernama Armin Arlert bersama dengan Mikasa. Kahidupan saat tu menyenangkan. Tetapi kegembiraan tersebut terusik, ketika tiba-tiba muncul Titan yang memiliki tinggi lebih dari benteng yang mereka huni. Titan tersebut merusak gerbang distrik Shiganshina dan menyebabkan para titan yang lain masuk. Dan terjadilah keributan, kesengsaraan, keseraman dan berbagai hal mencekam lainnya di dalam distrik Shiganshina.
Hannes menolong Eren dan Mikasa dari Titan
Porak poranda yang terjadi memaksa Eren dan Mikasa pulang kerumah untuk melihat ibunya Carla Yeager. Sayangnya ibunya tertindih bangunan rumah dengan hanya menyisakan separuh tubuhnya. Hannes kemudian datang untuk membantu Eren dan Mikasa mengevakuasi carla, tapi disaat bersamaan muncul titan yang menghampiri mereka. Dengan berat hati Hannes membawa pergi Eren dan Mikasa meninggalkan Carla. Ditengah pelarian Eren yang hanya anak-anak hanya bisa terdiam digendong oleh Hannes dan melihat dengan mata kepalanya sendiri ibunya dibunuh dan dimakan.
Shiganshina Distik シガンシナ yang diserang Titan
Dengan berbagai cara para penduduk distrik Shingashina dievakuasi masuk kedalam benteng Maria. Sayangnya muncul Titan aneh lagi yang dikenal sebagai titan armor menjebol pintu gerbang benteng Maria. Dengan kejadian itu benteng Maria dinyatakan jebol dan tidak dapat dihuni lagi.




Gambaran benteng Maria, Rose dan Sina
(sebenarnya luas banget loo)
Atas kejadian itu semua Eren, Mikasa dan Armin tinggal didalam benteng Rose. Kesedihan, kekecewaan dan kekesalan mendorong Eren untuk ikut dalam pelatihan sebagai pasukan yang dikuti oleh sahabat dan saudaranya.




Eren dan kawan-kawan
Lima tahun kemudian, tepat pada tahun 850 Eren dan anggota pelatihan lainnya lulus. Mereka yang tergolong dalam 10 lulusan terbaik boleh memilih dari tiga anggota organisasi pasukan yang dimiliki kerajaan. Organisasi tersebut ialah Garrisson (dengan simbol dua buah mawar merah) bagian yang menjaga pangkalan benteng atau dinding (Maria, Rose dan Sina), lalu Military Police Brigade (dengan simbol Kuda) bagian yang menjaga perdamaian, melindungi dan melayani raja, kemudian Recon Corps (dengan lambang sayap) Bagian yang meneliti Titan dengan keluar dari benteng. Eren dan Mikasa yang menjadi salah satu lulusan
3 Organisasi Garrisson, Military Police Brigade , Recon Corps
terbaik diperbolehkan memilih pasukan organisasi, beruntungnya Armin yang pintar diikutsertakan.
Sedihnya sehari kelulusan keesokan harinya mereka harus direpotkan dengan kedatangan Titan Kolosal yang lagi-lagi menjebol benteng. Dengan susah payah Eren dan kawan-kawan berusaha menumpas para titan tersebut. Hingga Eren yang berakhir didalam perut titan karena menolong Armin yang akan dimakan. Disaat itu munculah Titan aneh yang membunuh sesama titan.
Jean Kirstein dan Marco bott
Annie Leonhart, Reiner Braun, dan Bertolt Hoover
Ditempat lain gas untuk menjalankan Manuver 3D mulai habis maka Jean Kirstein, Marco bott, Sasha Braus, Annie Leonhart, Reiner Braun, dan Bertolt Hoover dan lulusan yang tersisa nekat menerobos kemarkas untuk mengisi gas tersebut. Ditengah porak poranda tersebut sampailah Titan aneh tersebut, yang membunuh titan-titan pemakan manusia di luar markas, dan saat itulah rupanya titan aneh tersebut adalah Eren. (Koq bizaa O.o)
Eren yang dapat menjadi titan kembali kewujud manusianya dan dianggap sebagai pembawa masalah selama ini, tapi dengan adanya komandan Dot Pixis ia diarahkan untuk menutup gerbang distrik Trost. Meski dengan perjuangan baik Eren dan kawan-kawan, Eren berhasil menutup dinding Distrik Trost dan berhasil mengamankanya. 
Eren diminta oleh Dot Pixis
untuk menutup distrik Tross

Tapi ada saja permasalahan yang menimpa Eren. Setelah keberhasilannya, Eren dipenjara untuk disidang atas kemampuannya yang dapat berubah wujud menjadi titan. Saat itu lah Eren bertemu dengan anggota Recon Corps Komandan Erwin Smith dan Levi Rivaille. Melihat kondisi Eren dan keyakinannya, Erwin dan Levi menerima Eren sebagai anggota Recon Corps dengan dibawah komando Levi. 


Erwin Smith yang berdiskusi denganDot Pixis



Eren yang dipenjara diajak oleh Levi Rivaille
Meski hal tersebut berhasil dilakukan dengan kekerasan yang Levi lakukan untuk menyelamatkan Eren dari persidangan. Eren kemudian dibawa kemarkas lama Recon Corps yang berlokasi didalam benteng Rose. Setelah itu Recon Corps mulai merekrut para pasukan lulusan yang ingin bergabung. Tentu hal ini dimanfaatkan oleh Mikasa dan Armin untuk ikut karena mereka tergolong lulusan Terbaik. Meski lulusan yang sudah terdaftar mereka tidak dipaksa untuk menjadi anggota Recon Corps dan boleh meninggalkannya. 


Kawan-kawan Eren yang bergabung
Sasha Braus
 dan Connie Springer
 didepan
Ternyata tidak hanya mikasa dan Armin saja, teman-teman mereka seperti Jean Kirstein, Sasha Braus, Connie Springer,Christa
Renz , 
Reiner Braun, Bertolt Hoover dan Ymir ikut dalam Recon Corps.
Seperti tugas Recon Corps, mereka melakukan ekspedisi keluar benteng untuk meneliti dan mengamati titan. Saat itu muncul titan wanita yang mengganggu jalannya ekspedisi. Banyak pasukan Recon Corps yang mati oleh titan tersebut. Tidak terkecuali anggota pasukan khusus yang berada dibawah komando Levi sendiri. 
Eren yang merasa bersalah dan menyesal

Meski berhasil menyelamatkan Eren dari amukan titan wanita tersebut. Eren menyesal dan merasa bersalah luar biasa karena tidak menjadi titan saat itu. Setelah di teliti lebih lanjut rupanya titan wanita tersebut ialah anggota dari lulusan ke 104 alias lulusan yang sama dengan Eren dan kawan-kawan!
Dan rupanya tidak hanya Eren saja yang berkemampuan menjadi Titan ada beberapa manusia yang mampu berubah menjadi titan. Kemampuan Eren menjadi titan juga menjadi misteri bagi Eren sendiri. Karena semasa kecil Eren pernah dipaksa disuntik cairan oleh ayahnya.

Anime 進撃の巨人(Shingeki no Kyojin)-Attack On Titan merupakan animasi adaptasi dari manga karya Hajime Isayama yang dibuat versi animasinya oleh studi Production I.G. Sejauh ini studio Production I.G mampu menyajikan berbagai atmosfer yang luar biasa. Seperti dalam episode pertama animasi ini telah memberikan gambara kenyamanan dan ironis. Tak hanya itu saja anime ini berisi keberanian, ketakutan, aksi, taktik, dan politik yang secara langsung maupun tidak langsung ikut serta didalamnya.
Jujur saat pertama kali saya dikenalkan dengan Anime 進撃の巨人-Attack On Titan ini. Anime inilah lah yang pertama kali membuat saya terpukau. Dalam animasi ini menceritakan berbagai perasaan yang tercampur aduk, tidak hanya semangat semata seperti animasi-animasi lainnya. Animasi ini mampu menggambarkan berbagai kondisi dan perasaan, yang diuji oleh setiap orang. Rasa takut, kengerian, kesemangatan, kepercayaan, keyakinan, keraguan dan rasa down yang mendalam bercampur sekaligus dalam anime ini.
Perasaan takut dan tidak mampuan yang dirasakan oleh semua pasukan, ketidakyakinan yang dirasakan Jean, kekecewaan dan penyesalan yang dirasakan Eren, mematikan rasa kemanusiaan yang mau tidak mau dilakukan oleh Levi. Serta kesuraman akan masa lalu dan masa sekarang yang tercermin jelas dalam animasi ini
Bagi pencinta animasi tentu animasi ini patut untuk ditonton bila kalian ingin merasakan bagaimana kengerian hidup dalam amikan titan. Tidak dapat dipungkiri animasi ini sempat membumingkan kancah animasi ditahun 2013 kemarin. Karena berbagai hal yang seperti hati, perasaan dan rasa kemanusiaan secara langsung diuji di anime ini.
Akan tetapi versi manga juga tidak kalah seru bahkan luarbiasa, karena karya goresan Hajime Isayama mampu menciptakan berbagai atmosfer dan ekspresi tokoh yang kuat dan tepat.
Sekali lagi bila kalian kalian tertarik untuk menontonnya jangan menonton terputus-putus karena nanti atmosfer animasinya tidak terasa. Karena keburu lupa sama jalan ceritanya hahaha XD .

Source: Shingeki no kyojin wikia and IMDB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.