Selasa, 31 Maret 2015

Sejarah Nederlandsche Handel-Maatschappij di Dunia Perbankan Indonesia

Apa itu NHM di dunia Perbankan?
NHM itu adalah kepanjangan dari Nederlandsche Handel-Maatschappij yaitu sebuah organisasi atau lembaga perbankan di Indonesia dimana bangsa Indonesia masih duduki oleh penjajahan Hindia Belanda.

Awalnya Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) didirikan oleh Raja Wilem I di Den Haag pada tahun 1825. Berkantor di Batavia (Jakarta) di lokasi Noordwijk Weltevreden (sekarang jalan Pos,Jakarta). NHM tidak hanya mengendalikan oprasi bank di Nusantara, tetapi juga menjadi markas bank untuk kawasan Asia.

Dulunya NHM bertindak sebagai bank pemerintah kolonial Belanda sekaligus sebagai perusahaan dagang dan agen pengapalan barang-barang hasil tanam paksa di Indonesia (cultuur stelsel) yang dimulai dari tahun 1830.

Dalam perkembangan selanjutnya, NHM mulai menyalurkan pembiayaan kepada perusahan-perusahaan perkebunan yang beroperasi di Belanda.Bahkan , HMN memiliki perkebunan sendiri.Stelah itu NHM mmbuka cabang di singapura pada tahun 1858 dan Suriname pada tahun 1866.

Lalu? Bagaimana kelanjutan HMN setelah kemerdekaan Indonesia?
Saat itu NHM Batavia memiliki 18 kantor cabang di seluruh tanah air, kemudian di nasionalisasi oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1960 dan pemerintah mengubah namanya tidak menjadi Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) lagi tetapi menjadi Bank Ekspor Impor Indonesia (BEII) atau bank Exim.

Di negara asalnya, Belanda NHM dimerger dengan Twentsche Bank pada 1964 menjadi Algemene Bank Nederland (ABN Bank). Kemudian pada tahun yang sama lahir Amro Bank

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.