Sabtu, 26 Februari 2011

Sulitnya mencari pekerjaan karena Ledakan Penduduk

Sulitnya mencari pekerjaan sebenarnya semua berasal dari kita juga, dan keterlibatan faktor-faktor lainnya. Tapi kadang kita cuma bisa marah dan menuntut pemerintah yang bertindak dengan tidak benar, bekerja sesukanya , tidak menjalankan prosedur yang ada, bahkan ada yang menyalahi peraturan (seperti korupsi dll). Tapi bila dipikirkan lagi kita tidak hanya bisa cuma menyalahkan pemerintah dan menilai mereka dengan bekerja dengan tidak becus/ lalai, tapi sebenarnya sebelum kita menyalahkan pemeritah ada baiknya bila kita mengistropeksikan  diri kita terlebih dahulu.
Mengapa demikian karena seperti sekarang ini banyak orang yang mengganggur karena tidak memiliki pekerjaan,tapi sebari pikir lagi  Sebenarnya kurangnya pekerjaan juga disebabkan oleh banyaknya manusia, makin banyaknya manusia semakin banyak pekerjaan yang dibutuhkan, semakin banyak orang maka semakin banyak persaingan sehingga menyebabkan pengangguran.

Contoh, terdapat 3 buah rumah, rumah pertama memiliki anak sebanyak 2 orang, rumah ke dua 5 orang, dan rumah ketiga 8  orang,
bila sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 10 orang tentu  5 orang lagi tidak akan mendapatkan pekerjaan. Seandainya perusahaan tersebut baik dan mau menerima 5 orang tersebut, maka mereka akan mengalami kerugian , karena perusahaan jadi menambah pengeluaran untuk membayar gaji lebih dari 10 orang, itu bila tenaga kerja yang masuk berskala kecil, coba kalau tenaga kerja yang masuk dalam skala besar, tentu akan menyebabkan pengangguran dalam skala besar. Bahkan perusahaan bisa mengalami kebangkrutan karena terus menomboki pengeluaran. Dan yang lebih parahnya lagi bila perusahaan bangkrut maka akan menyebabkan pengangguran dalam skala besar!!!
Intinya gara-gara kelebihan karyawan jadi merugikan perusahaan dan karyawan lainnya dech...
Hoo Parah banget kan.........

Tapi sebagai warga negara yang baik ada baiknya bila kita lebih memperhatikan pertumbuhan penduduk negara kita. Jangan cuma membuat saja tapi juga memikirkan kemajuan yang ada di masa mendatang. Seperti pemikiran dulu yang beranggapan banyak anak banyak rezeki, hanyalah pemikiran zaman dahulu saja, berbeda dengan zaman sekarang justru zaman sekarang banyak anak kurang rezeki, karena menyebabkan kurangnya pendidikan yang akan di peroleh oleh setiap anak, kurangnya pekerjaan, kurangnya lahan tempat tinggal dll. Semuanya sungguh mengglobal.

Oleh sebab itu ada baiknya bila pemerintah dan masyarakat saling bekerja sama untuk membatasi penduduk, dan ternyata membatasi penduduk bukanlah hal yang jarang, sebab di negara-negara lainnya, seperti negara china yang memiliki penduduk super banyak bisa berkembang dan bisa menjadi negara yang maju hingga saat ini, salah satu rahasianya negara china membatasi jumlah penduduknya. Agar dapat terkontrol dan merata pendapatan masyarakatnya.

Nah bagaimana? itu merupakan salah satu dari sekian contoh yang ada, ada baiknya kan bila kita membatasi penduduk. Selain setiap anak bisa mendapatkan pendidikan,dan pekerjaan, kita juga  bisa mensejahterakan keluarga untuk keluar dari lingkaran kemiskinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.