Minggu, 27 Maret 2011

Lindungi Penyu dari Sampah Plastik !!

Penggunaan plastik sudah tidak terelakkan lagi bagi kehidupan sehari-hari Apa lagi kegunaanya dan fungsi plastik yang beragam. Sudah pasti sering digunakan tetapi penggunaan plastik yang berlebihan dapat menyebabkan dunia ini semakin kotor apa lagi bila plastik dibuang dengan sembarangan.
Selain itu plastik merupakan benda yang sulit untuk di urai, penguraiannya pun cukup lama bahkan ada yang mencapai hingga 100 tahun lamanya, (tergantung kualitas plastiknya).



Selain menjadi limbah plastik juga dapat membahayakan lingkungan sekitar dan mahluk hidup lainnya.
Salah satunya adalah Penyu, Penyu merupakan hewan pemakan ubur-ubur. Penyu yang lapar mengira sampah plastik adalah ubur-ubur makanannya.
Padahal hal tersebut sangat membahayakan bagi penyu, karena hal tersebut banyak penyu yang mati dikarenakan limbah plastik.

Seperti Menurut Mike James, ahli biologi Dalhousie University yang menangani bidang satwa berisiko punah di badan pengawasan perikanan dan kelautan Kanada, memaparkan betapa berbahayanya plastik bila termakan oleh penyu. 

 
Penyu Belimbing
Salah satunya penyu belimbing. Bahwa lebih dari sepertiga penyu tersebut telah menelan plastik. Penyu-penyu tersebut keliru membedakan kantong plastik bening dengan ubur-ubur yang merupakan makanan favorit penyu belimbing sehingga satwa malang tersebut memakannya.dan
Secara kebetulan, ubur-ubur dan sampah terkonsentrasi di pertemuan antara massa samudra, tempat penyu belimbing mencari makan, sehingga peluang salah makan semakin tinggi.

Begitu penyu bernasib sial itu menelan plastik, ribuan saraf tepi di tenggorokan dan esophagus membuat plastik itu nyaris mustahil dimuntahkan! dan lebih parahnya lagi plastik yang telah tertelan oleh penyu-penyu tersebut menganggu bahkan memblokir saluran pencernaan sehingga menekan efisiensi pencernaan, menguras energi dan membuat satwa itu kelaparan......meski bila mengkonsumsi plastik tidak selalu menyebabkan kematian, tetapi jelas menyebabkan risiko kesehatan bagi para penyu. Papar James.
Jangan di makan dong Penyu....



Sungguh disayangkan ya teman-teman, penyu yang sulit mencari makan di susahkan kembali oleh plastik yang mereka kira sebagai makanannya, bahkan plastik yang telah tertelan tersebut sempat menguras energi mereka sehingga mereka jadi lebih lapar dari sebelumnya.
Apa lagi penyu termasuk satwa yang terancam punah. Seperti penyu belimbing ini, Penyu belimbing diklasifikasikan sebagai satwa paling terancam punah di seluruh dunia. Jumlah populasi pastinya tidak diketahui karena hanya betina dewasa yang kembali ke pantai untuk bertelur di lokasi tropis yang terpencil.

Waduh bahaya sekali!!!

Jangan sampai penyu-penyu tersebut punah dan hanya tinggal kenangan saja, sungguh disayangkan sekali....

Kasian ya Penyu............

Teman-teman memang benar menghilangkan penggunaan plastik di kehidupan memang sulit sekali diakukan, tetapi ada baiknya bila kita mengurangi penggunaanya, misalnya dengan mengganti pengunaan plastik dengan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan. Agar kita tidak mencelakai mahluk hidup lainnya.

Dan bagai mana solusinya Seperti kata James yang dikutib dari koran Tempo "Yang termudah adalah mengurangi pengemasan dan mencari material alternatif yang mudah diuraikan secara alami dan daur ulang."
Oleh sebab itu teman-teman ada baiknya bila kita mengganti penggunaan plastik dengan alternatif lainya, seperti mengganti kantong pastik dengan tas (untuk berbelanja atau membawa barang), dan mendaur ulangnya kembali (dengan cara menggunakan kembali atau mengubahnya menjadi bahan yang berguna) dan yang yang sering dan harus dilakukan adalah membuang sampah ditempatnya, terutama sampah yang sulit di urai seperti sampah plastik ini.


Selain itu teman-teman kita juga harus bersikap peduli pada lingkungan kita, karena bila bukan kita siapa lagi yang akan menjaga dan melindungi bumi dan mahluk hidup lainnya, apa lagi kita merupakan mahluk yang dikaruniai oleh akal budi dan pikiran oleh sebab itu ada baiknya bila kita lebih mengkonsentraskan lingkungan kita kita ketimbang kesenangan kita saja yang membuat kita lupa akan lingkungan sekitar.


Tas Belanja merupakan Alterntif yang dapat menggantikan kantong plastik

Lagi pula dengan melakukan hal tersebut selain menjaga lingkungan dan kelangsungan mahluk hidup lainnya, juga membuat lingkungan kita lebih bersih dan bebas dari berbagai macam penyakit.

Sungguh menyenangkan kan teman-teman bila kita lebih menghargai lingkungan dengan melakukan hal-hal tersebut.
Tidak hanya kita saja yang senang menikmatinya tetapi mahluk hidup lainnya juga pasti senang akan perbuatan kita. :)



Sumber:
http://www.tempointeraktif.com/hg/sains/2009/03/19/brk,20090319-165665,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.