Minggu, 05 Agustus 2012

Kuliah Umum Komunikasi Politik Bertema “Proses Komunikasi Politik Legislatif dan Eksekutif di Indonesia

Pada Kamis tanggal 12 Juli 2012 lalu, Universitas Gunadarma menyelenggarakan sebuah Kuliah Umum Komunikasi Politik dengan tema : “Proses Komunikasi Politik Legislatif dan Eksekutif di Indonesia”

Kuliah umum yang di adakan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma ini di laksanakan pada pukul 09.00 – 12.00 WIB dan bertempat di kampus D (Depok).


Awalnya mengetahui kuliah umum ini saya ketahui secara online dari website Studentsite. Karena kuliah umum ini digelar secara terbuka maka tanpa ragu saya mendaftarkan diri sebagai anggota peserta. Beruntungnya saat itu jadwal kuliah Umum Komunikasi Politik ini tidak bentrok dengan jadwal ujian UAS saya.


Pada hari kuliah umum berlangsung sebenarnya saya tidak terlambat bahkan datang sebelum kuliah umum diselenggarakan tetapi karena beberapa insiden kecil saya jadi sedikit terlambat, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat saya untuk mengikuti kuliah umum ini. Entah kenapa mungkin di sebabkan karena saya belum pernah mengikuti kuliah umum sebelumnya.


Saat mengikuti kuliah umum tersebut kami para peserta di sajikan berbagai penjelasan beserta slide-slide penunjang penjelasan tersebut. Saat itu salah satu selaku pembicara pertama Dr. Pramono Anung menjelaskan berbagai model motivasi politik, dan model strategi "Sukses Kampanye Politik" kebetulannya hari sebelumnya tetap pada tanggal 11 juli 2012 ibukota DKI Jakarta mengadakan Pilkada (Pilihan Umum Kepala Daerah) jadi pas sekali dengan tema Kuliah Umum kali ini yang kebetulan membahas tentang proses komunikasi politik antar Legislatif dan Eksekutif.
Beliau juga memaparkan bahwa faktor pengaruh sukses tidak suksesnya sebuah pemilihan umum sudah merambah hingga ke media massa. Bahkan peran media massa menjadi cukup besar dibandingkan zaman sebelumnya.

Setelah mendengar berbagai penjelasan dari Dr. Pramono Anung, acara selanjutnya di lanjutkan oleh pembicara kedua Prof Dr. Ikrar Nusa Bhakti. Beliau memaparkan kehebatan politik dimata masyarakat, arti politik bagi masyarakat, macam, sifat dan cara komunikasi dalam politik itu sendiri.



Saat itu saya sempat menyadari ternyata politik bisa dianggap dan diasumsikan seperti yang Prof Dr. Ikrar Nusa Bhakti paparkan. Sebuah politik dapat berkesan menarik dan membosankan tergantung dimana kita melihatnya.
Beliau juga memaparkan apakah bedanya "Darling Politik" dengan politikus lainnya. Maksudnya meski seorang politikus biasa tetapi bila dia merupakan seseorang yang disukai dan dicintai oleh rakyatnya tentu segalanya akan terlihat baik di mata pencitanya dan hal ini berlaku bagi semua kepala pemerintah lainnya.


Setelah mengikuti kuliah umum komunikasi politik tersebut. Saya mendapatkan sebuah gambaran tentang bagaimana mengaplikasikan komunikasi dimata publik. Saya juga ingat akan beberapa kalimat yang pernah saya baca bahwa kemunculan seseorang dinilai pertama kali dari bagaimana dia berperilaku dan bertutur kata.
Dan saya rasa hal tersebut juga berlaku pada komunikasi politik ini. Bagaimana kronologis kepemimpinan suatu partai, cara memecahkan persoalan hingga strategi yang dilakukan untuk mencerminkan seseorang yang layak menjadi pemimpin yang dicintai oleh rakyatnya


Dengan berbagai penjelasan-penjelasan akan komunikasi politik yang di paparkan,  turut membuka pemikiran saya akan macamnya komunikasi politik yang dilakukan oleh para Legislatif dan Eksekutif di Indonesia. 


Yup semoga di kesempatan selanjutnya Universitas Gunadarma dapat menggelar acara-acara kuliah umum lainnya. Sebab kuliah umum ini dapat menjadi salah satu ajang pengetahuan bagi kita semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.