Minggu, 20 April 2014

Jika Aku Menjadi

Vincent Kurniadi-28210380
Menjelang mendekati mata kuliah terakhir, saya dan teman-teman diberikan sebuah tugas dimana tugas tersebut menceritakan apa yang akan kami lakukan untuk mewujudkan masa depan kami dalam jurusan yang kami geluti.
Jika Aku Menjadi..
Menjadi apa?
Bila sesudah lulus nanti saya ingin menjadi salah satu akuntan di perusahaan yakni akuntan ternal. Akuntan internal ialah akuntan yang bekerja pada suatu unit organisasi atau perusahaan. Akuntan internal memiliki Tugas sebagai berikut:
-Menyusun sistem akutansi
-Menyusun laporan keuangan untuk pihak luar perusahaan
-Menyusun anggaran
-Menagani masalah pajak
Dari penjelasan diatas serta tugas yang dimiliki oleh akuntan internal. Hal tersebutlah yang mendasari saya untuk memilih menjadi seorang akuntan internal .
Bila saya telah lulus nanti dan memilih menjadi seorang auditor, saya akan memilih menjadi seorang akuntan internal. Dimana saya dapat  mendeteksi berbagai hal yang terjadi didalam perusahaan, tentunya dalam sistem akuntansi, dan berbagai hal anggaran, pajak serta keuangan perusahaan. Saya juga akan menangani pajak dengan benar, dan mendeteksi penggelapan yang kemungkinan terjadi didalam perusahaan.
Saya juga akan melakukan akuntabilitas pada bidang saya agar paihak perusahaan dan partner saya mengetahui secara jelas apa pun kerja dan tidakan yang saya lakukan. Saya juga akan melakukan sinergi, memperhatian fisik dan kondisi perusahaan, dimana perusahaan tidak selalu berjalan hanya untuk mengeruk keuntungan melainkan harus memperhatikan kondisi disekitarnya yang tentu tidak merugikan masyarakat dan pekerja. Menelusuri berbagai aktivis pemangku kepentingan dan menepis penyimpangan keuangan agar dapat menciptakan perusahaan yang sehat tanpa adanya keserakahan semata.
Dalam melakuka itu semua saya akan mencoba bersikap profesional dengan  memenuhi tiga kriteria, yang dilansir pada sebuah jurnal karya Arleen Herawaty dan Yulius Kurnia Susanto bahwa seorang profesional mempunyai keahlian untuk melaksanakan tugas sesuai dengan bidangnya, melaksanakan suatu tugas atau profesi dengan menetapkan standar baku di bidang profesi yang bersangkutan dan menjalankan tugas profesinya dengan mematuhi etika profesi yang telah ditetapkan.
Sumber Jurnal : Pengaruh Profesionalisme, Pengetahuan Mendeteksi Kekeliruan, dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Akuntan Publik karya Arleen Herawaty dan Yulius Kurnia Susanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.