Jumat, 11 April 2014

Bursa Efek Argentina

Negara Argentina merupakan salah satu negara yang berada didalam benua Amerika Selatan. Sama seperti kebanyakan negara didunia lainnya Argentina memiliki bursa efek yang terdiri dari beberapa bursa. Bursa efek tersebut ialah Buenos Aires Stock Exchange (MERVAL), Mercado Abierto Electrónico, dan Rosario Stock Exchange.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bursa efek di Argentina, berikut ini ialah penjelasan dan sejarah singkat mengenai ketiga bursa efek tersebut yang di kutib dari wikipedia.com


Buenos Aires Aires Stock Exchange (MERVAL)
(BCBA;  Spanyol : Bolsa de Comercio de Buenos Aires) Bursa Efek Buenos Aires merupakan salah satu bursa efek yang bertanggung jawab atas pengoperasian saham utama Negara Argentina, dimana kegiatan pertukaran terletak di Buenos Aires CBD. Awalnya, Bursa Efek Buenos Aires berasal dari penerus Banco Mercantil, yang diciptakan pada tahun 1822 oleh Bernardino Rivadavia. Kemudian diubah dan didirikan menjadi Bursa Efek Buenos Aires pada tahun 1854,



Mercado Abierto Electrónico (MAE)
Mercado Abierto electrónico (MAE) adalah surat berharga secara elektronik dan mata uang asing pasar perdagangan di Argentina.Hal ini didasarkan pada platform elektronik modular yang berjalan pada spesifik IT mendukung, di mana baik pemerintah maupun efek pendapatan tetap swasta, asing mata uang dan swap yang ditransaksikan, serta sebagai mata uang dan suku bunga berjangka. Selain itu, dukungan teknologi ini digunakan untuk tagihan perdagangan pertukaran dan obligasi yang diterbitkan oleh Banco Central de la República Argentina (BCRA) dan untuk melakukan penawaran umum perdana obligasi yang diterbitkan oleh Negara Nasional.


 
Sejarah 
Mercado de Abierto Títulos Valores (Open Market Securities) didirikan pada tahun 1970 setelah berlakunya UU 17.811 dan mulai beroperasi di pertengahan dekade. Pada tahun 1980, yang operasi diperluas sangat, mencapai count broker lebih dari 450.  Mercado Abierto Electrónico (MAE)  didirikan pada tahun 1988. tanggal perjanjian Internasional kembali ke tahun 1999, ketika Uruguay Elektronik Stock Exchange (BEVSA) memperoleh akses ke penggunaan Sistema de Operaciones Electróncias (SIOPEL) di bawah perjanjian yang memungkinkan, antara lain, teknologi komplementasi dan operasi bersama dari perangkat lunak untuk perdagangan elektronik.



Tahun 2000 
Dilakukan penandatanganan perjanjian penting dengan San Pablo Bursa Efek BOVESPA dan lisensi untuk menggunakan sistem ini diberikan. Dua tahun kemudian, tiga organisasi - MAE, yang Chili Bursa Efek Elektronik (BEC) dan BEVSA - menandatangani Perjanjian Induk untuk Informasi dan Transaksi Interkoneksi pasar masing-masing. Interkoneksi dari Chili, Argentina dan Uruguay pasar elektronik selalu menjadi tujuan, karena pasar ini memiliki transaksional sistem yang beroperasi lebih dari sebuah platform terbuka yang memungkinkan mereka menghubungkan sistem mereka dan server dengan pasar lain, terlepas dari jarak antara mereka dan teknologi digunakan.



Januari 2004
MAE menandatangani teknologi perjanjian kerjasama dengan Mercado de Valores del Litoral (MVL), salah satu yang paling pasar penting dari interior negara. Berdasarkan perjanjian ini, SIOPEL platform trading dipasang untuk semua nya anggota, mewakili regional yang penting integrasi. 

Tahun 2005 
MAE dieksekusi kesepakatan dengan Bursa Efek Kolombia (BVC) dan Bank Republik (Colombia) (BRC), di mana SIOPEL Platform yang digunakan dalam floating dan tetap pasar pendapatan dari awal tahun 2006 di Kolombia. Pada tahun yang sama, Buenos Aires Teruskan Market - Mercado de a Término Buenos Aires - menandatangani perjanjian dengan MAE untuk menerima hosting untuk digunakan SIOPEL untuk masa depan yang dan transaksi opsi yang dimulai pada bulan April 2007.



Akhir tahun 2006
Dilakukan kesepakatan dengan Kosta Rika National Stock Exchange (BNVCR) ditandatangani menggunakan SIOPEL. Ini mendukung konsolidasi beberapa layar menjadi satu, mempercepat transaksi dan menyediakan keamanan yang akan memperkuat pasar mereka.



Rosario Board of Trade atau Bolsa de Comercio de Rosario (BCR) 
Merupakan asosiasi non-profit yang berbasis di Rosario, dalam Province of Santa Fe, Argentina. Didirikan pada 18 Agustus 1884, ia berfungsi sebagai forum untuk melakukan negosiasi perdagangan di beberapa pasar termasuk biji-bijian, biji minyak, pertanian produk dan by-produk mereka, serta surat berharga dan aset lainnya. Fisik Grain Pasar BCR adalah paling penting di Argentina dalam hal yang volume operasi, dan menyediakan referensi harga untuk nasional dan internasional pasar. Sebagian besar produksi negara itu sereal dan minyak sayur diperdagangkan di dalamnya, terutama kedelai. Wilayah di sekitar Rosario mengandung lebih dari 80% dari minyak nabati industri Argentina dan port-nya, (Rosario dan San Lorenzo-Puerto San Martín), menangani lebih dari 90% dari ekspor Argentina kedelai dan turunannya.

Rosario Futures Exchange (ROFEX) memiliki tradisional menjadi bursa berjangka untuk komoditas dan, dalam masa yang lebih baru, untuk produk keuangan seperti nilai tukar dan Pilihan suku bunga. Volumenya dinegosiasikan (Terutama pada kontrak berjangka atas dolar) membuat ROFEX pasar berjangka terbesar di negara.
Bursa Efek Rosario beroperasi dengan pemegang saham menangani aset negotiable semua jenis. The Board of Trade tambahan mengoperasikan sebuah kompleks laboratorium yang menganalisis dan memberikan sertifikasi mutu untuk contoh produk pertanian, tanah dan air. Beroperasi di tengara Beaux-Arts markas yang dirancang oleh Raúl Rivero pada tahun 1926




Bursa efek yang menampung berbagai surat berharga dari berbagai perusahaan, juga sebagai salah satu sarana yang menunjukkan beberapa perusahaan yang mampu menujukan kredibilitas perusahaannya yang baik serta menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sudah berstatus go publik.

Seperti halnya keanekaragaman, antar negara tentu memiliki berbagai keanekaragaman dan perbedaan yang dapat dilihat dari segi manapun. Tak terkecuali Laporan keuangan.
Atas itu semua berikut ini ialah perbandingan antara Laporan Keuangan milik negara Argentina dengan negara Indonesia yang di klasifikasikan berdasarkan jenis perusahaan yakni Manufaktur, Jasa dan dagang. Dimana sumber laporan keuangan yang diperoleh berasal dari perusahaan yang telah terdaftar di bursa efek Buenos Aires Aires Stock Exchange (MERVAL) untuk Negara Argentina dan Bursa Efek Indonesia (BEI)

Perusahaan pertama berasal dari jenis perusahaan manufaktur yaitu:

Yacimientos Petrolíferos Fiscales & Indocement Tunggal Prakasa.TBK
Issuer Code
YPFD
Industry
Petroleum and natural gas
Internet Address
http://www.ypf.com/


Issuer Code
INTP
Official Listing Date
5 Desember 1989
Industry
Basic Industry and chemical

Hal-hal yang membandingkan:

Consolidated Statement of Financial Position
Yacimientos Petrolíferos Fiscales (YPFD)
Indocement Tunggal Prakasa.TBK (INTP)
Balance General Consolidado (neraca konsolidasi), terdiri dari:
  • Total del Activo =total activo no corriente + total del activo no corriente
  • Patrimonio Neto
  • Total del Activo=Total del Pasivo no corriente+Total del Pasivo corriente
  • Total Patrimonio Neto y Pasivo
Dalam hal ini posisi keuangan dibagi menjadi beberapa tahap, tahap pertama mencari total keseluruhan aktiva. Tahap ke dua mencari total Patrimonio Neto (warisan bersih) dan tahap ke tiga mencari total pasiva. Dimana nantinya total pasiva dijumlah dengan Total patrimono neto (warisan bersih) yang hasilnya menunjukkan bahwa jumlah pasiva dan aktiva seimbang.
Laporan Posisi Keuangan konsolidasi terdiri dari beberapa bagian yang dilanjutkan yang biasanya terdiri sebanyak tiga halaman yaitu:
  • Total Aset: yang memuat perincian perhitungan aset lancar dijumlah dengan aset tidak lancar.
  • Liabilitas dan Ekuitas
Dimana penghitunga pertama ialah mencari total liabilitas yang berasal dari penjumlahan total liabiitas jangka pendek dengan liabilitas jangka panjang
  • Ekuitas
Penghitungan yang memuat total ekuitas yang berasal dari sub-total dijumlah dengan kepentingan non pengendali
Setelah itu jumlah total Liabiltas sebelumnya dijumlah dengan total ekuitas
Dalam Hal ini laporan posisi keuangan konsolidasi Negara ndonesia, lebih mencerminkan perincian penghitungan. Akan tetapi dalam hal ini tidak menunjukkan pasiva yang seimbag dengan aktiva. Hal tersebut mungkin di jelaskan dalam bagian lainnya


Consolidated Statement of Comprehensive income
Yacimientos Petrolíferos Fiscales (YPFD)
Indocement Tunggal Prakasa.TBK (INTP)
Estado de resultados integra les consolidado terdiri dari:
  • Utildad bruta (Gross profit)= Ingresos Ordinarios (revenue) - costo de ventas (Cost of sales)
  • Utildad operativa (operating income)= Utildad mengurangi semua biaya
  • Utildad neta del ejercicio=Utildad neta antes de impuesto a las ganancias dikurangi dengan tax2 (impuesto)
  • Total otros resultados integrales del ejercicio=jumlah dari otros resutados integrates

Laba Rugi Komprehensif konsolidasi terdiri dari:
  • Laba Ruto berasal dari pendapatan neto – dengan beban pokok pendapatan
  • Laba usaha berasal dari laba bruto – dengan beban2 dan dijumlah dengan pendapatan operasi lain
  • Laba sebelum pajak penghasilan, berasal dari laba usaha mengurngi biaya dan menambah pendapatan dan bagian atas laba neto
  • Laba tahun berjalan berasal dari laba sebelum pajak penghasilan dengan beban pajak penghasilan- Neto
  • Total laba rugi Komprehensif tahun berjalan dapat berasal dari Laba tahun berjalan, apabila tidak ada pendapatan komprehensif lain
  • Kemudian penghitungan untuk Laba per saham dasar


Consolidated Statement of Change in equity
Yacimientos Petrolíferos Fiscales (YPFD)
Indocement Tunggal Prakasa.TBK (INTP)
Menjelaskan jumlah saldo tahun sebelumnya beserta penjabarannya.

Tampilan terdiri dari captal suscripto, ajuste del capital, pimas de emision, dan total. Lalu Reserva legar, Reserva para futuros dividendos, Reserva para inversiones, otros resultados integrales, resultados acumulados dan yan terakhir total del patrimonio neto.
Menjelaskan mengenai pembagian deviden kas, saldo yang dimiliki tanggal dan tahun sebelumnya dengan saldo yang dimiliki tanggal dan tahun yang ter-uptodate.

Tampilan terdiri dari catatan/notes, modal saham, tambahan moda disetor, selisih transaksi perubahan ekuitas, dan sado laba/retained earings yang terbagi dua yaitu: telah diturunkan dan beum diturunkan.
Consolidated Statement of Cash flows
Yacimientos Petrolíferos Fiscales (YPFD)
Indocement Tunggal Prakasa.TBK (INTP)
Tidak ada
Terdiri dari:
  • Aruskas dari aktivitas operasi menghasilkan kas neto diperoleh dari ativitas operasi.
  • Aruskas dari aktivitas investai
  • Aruskas dari aktivitas pendanaan




Perusahaan Jasa
Telecom Argentina (TECO2) & Indosat TBK (ISAT)
Issuer Code
TECO2
Field
Major local telephone company
GICS Industry Group
Telecommunications
Internet Address


Issuer Code
ISAT
Official Listing Date
19 Oktober, 1994

Hal-Hal yang membandingkan:



Consolidated Statement of Financial Position
Telecom Argentina (TECO2)
Indosat TBK (ISAT)
Sama halnya dengan perusahaan Yacimientos Petrolíferos Fiscales terdapat consolidation statemen
yang menjelaskan berbagai perkembangan usaha perusahaan, yang dilihat dari segi aktiva dan pasiva
Sama
Laporan Posisi Keuangan konsolidasi terdiri dari beberapa bagian yang dilanjutkan yang biasanya terdiri sebanyak tiga halaman yaitu:
  • Total Aset
  • Liabilitas dan Ekuitas dibagi menjadi halaman yang terpisah



Consolidated Statement of Comprehensive income
Telecom Argentina (TECO2)
Indosat TBK (ISAT)
Sama

Sama


Consolidated Statement of Change in equity
Telecom Argentina (TECO2)
Indosat TBK (ISAT)
sama
Menjelaskan jumlah saldo tahun sebelumnya beserta penjabarannya.



Sama
Menjelaskan mengenai pembagian deviden kas, saldo yang dimiliki tanggal dan tahun sebelumnya dengan saldo yang dimiliki tanggal dan tahun yang ter-uptodate.

Consolidated Statement of Cash flows
Yacimientos Petrolíferos Fiscales (YPFD)
Indocement Tunggal Prakasa.TBK (INTP)
Tidak ada
Sama
Tidak ada perbedaan dalam pelaporan


Berdasarkan kondisi market di negara Argentina dan Indonesia, diketahui bahwa Negara Argentina belum memiliki perusahaan berjenis dagang (Retail) yang sudah terdaftar di bursa efek, 

Sumber: Wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.