Selasa, 27 Mei 2014

Diary, Curahan, Ide dan Uneg-Uneg


Tau ga sih apa itu diary?
Yup pasti taulah tapi kalau kalian tidak tau juga tidak apa-apa kok :) hehehe. Yah wajar sih, sebab diary itu memang sudah jarang dilakukan oleh anak-anak zaman sekarang, meski iya, biasanya dilakukan dengan lebih terkomputerisasi. Istilah kerennya melalui sosmed atau bloger seperti yang saya lakukan sekarang ini hehehe.

Nah biar lebih jelasnya Diary itu bisa dikatakan sebagai kegiatan tulis menulis yang dilakukan oleh seseorang pada suatu media. Dulunya diary itu dilakukan didalam sebuah buku, yang isinya memuat hal apapun yang ada di pikiran si penulis. Intinya diary berisi berbagai curhatan isi hati perasaan kita, yang di tuangkan melalui buku dan tidak melalui berbicara dengan orang lain (orang tua, teman maupun sahabat). Biasanya yang ditulis didalam diary ialah berupa keadaan kondisi kita dikeseharian, bisa berupa pengalaman pribadi dan sebagainya. Akan tetapi hal yang paling utama ialah memuat isi hati pemilik diary, seperti perasaan senang, suka dan sedih yang tertuang didalamnya.


Memang sih pada umumnya banyak orang menganggap bahwa kegiatan menulis diary tidak berguna atau hanya membuang-buang waktu dan sebagainya. Apalagi bila ditulis di kertas (buku) acap kali dianggap hanya membuang-buang kertas dan tinta. Akan tetapi dengan berbagai perkembangan zaman dan perkembangan sosial budaya, diary tidak hanya berwujud tulisan dalam lembaran kertas saja. Bahkan mulai merambah kedalam bentuk elektronik atau komputerisasi. Hal ini tentu dipengaruhi oleh kehidupan sosial, budaya dan lingkungan. Dengan begitu Diary tidak dianggap menjadi kegiatan yang hanya membuang-buang kertas dan tinta saja. Melainkan kegiatan yang menyenangkan dan ramah lingkungan. 

Yup mengapa dikatakan demikian karena kegiatan tulis menulis Diary sudah mulai berkembang fungsinya. Yang dulunya Diary dianggap sebagai semacam "Rahasia" selalu sembunyikan dan diharapkan jangan sampai terbaca oleh orang lain. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi, sosial dan budaya, justru Diary yang dianggap "Rahasia" itu malah sengaja dipublikasikan. Tidak sedikit penulis sengaja menuliskan isi hati, dan uneg -uneg mereka di diary pada media elektronik yang terbilang mudah, murah, praktis dan ramah lingkungan. Yah tepatnya Diary yang dipublikasikan tersebut, dilakukan sebagai ajang penyaluran curahan hati dan mencari popularitas bagi beberapa orang. Jadi sifat Diary yang menjadi "Rahasia" malah menjadi tidak rahasia lagi, melainkan menjadi informasi umum hahaha.

Meski demikian sebenarnya, dalam melakukan penulisan Diary, seseorang secara tidak sadar telah mencurahkan segala isi hati mereka. Membantu mengapresiasikan isi hati mereka, sebagai penenang pisikologi, dan melatih sesorang dalam merangkai kata-kata. Dan rupanya tidak sampai disitu saja kawan. Seseorang yang suka menulis Diary yang di publikasikan dalam media elektronik, seperti Blog, website, tumbler dan forum lainnya. Secara tidak langsung mereka telah berbagi pengetahuan loh! Karena telah menceritakan berbagai hal yang tentunya tidak semua individu rasakan. 
So bahkan kisah-kisah tersebut dapat memberikan inspirasi dan menjadi salah satu jalan keluar bagi individu yang merasa bernasib seperti yang di ceritakan di Diary tersebut. 

Jadi kawan-kawan sudah tau kan apa manfaat penting didalam Diary.
Meski terdengar biasa atau membosannkan tetapi memiliki makna dan kegunaan yang luar biasa yach :)

Image Source: dreamstime.com, dawndsokol.squarespace.com, cominitycare.co.uk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.