Rabu, 15 April 2015

Tempat-tempat wisata di Madura

Di Madura itu ada beberapa tempat wisata yang gak kalah seru untuk di kunjungi. Seperti tempat-tempat berikut ini
1.Pantai Lombang (pantai yang termasuk wilayah kecamatan Batang-batang, kabupaten Sumenep).

Di pantai Lombang memiliki ciri khas, yakni deretan pohon cemara udang (Casuarina equisetifolia) yang seolah menjadi pemisah antara area pantai yang memiliki pasir putih dengan birunya lautan.

2. Masjid Jami' Sumenep atau dengan nama lain Masjid Agung Sumenep. Arsitektur pada mesjid ini di pengaruhi budaya Tiongkok yang terlihat dari ukiran pada pintu mesjid. Dalam buku sejarah Sumenep yang dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep 2010. Menyebutkan bahwa mesjid ini dibangun mulai dari tahun 1779 dan selesai hingga tahun 1787.

Masjid dibangun pada masa pemerintahan Panembahan Sumala yang juga disebut Pangeran Natakusuma. Kuatnya pengaruh budaya Tiongkok pada masjid ini antara lain, karena arsiteknya adalah Lauw Piango, cucu Lauw Khun Thing (salah seorang dari enam Tionghoa yang mula-mula menetap di Sumenep)

3. Kraton Sumenep, merupakan keraton yang dibangun pada masa pemerintahan Panembahan Sumala. Keraton ini juga merupakan karya Lauw Piango, dan selesai dibangun pada tahun 1780

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.