Minggu, 07 Juni 2015

Naruto Itu Manga Jadul Yee?

Halo kawand-kawand dah lama nih aku gak pos hehehe
Pos kali ini gw mau bahas sedikit tentang komik. Yah meski udah tenar banget ini komik tapi kaga apalah hahaha

Yup yang mau gw bahas tuh komik naruto alias manga naruto.

Yaelah kaga bisa bahas yang laen apa?
Eits For You Information kaga masalah kalee bahas yang udah lewat biar tau aje. Lagian mau sekalian curcol dikit lah sama kejadian masa lalu wkwkwk XD

Dulu tuh yee pas nogol manga naruto temen gw anak cowok mulai beli tapi anehnya gak semua anak tau.

Tapi cuy gitu2 gw udah tau doong.  Cz kaga sengaja nonton di salah satu stasiun TV kalo kagak salah TransTv.

Tapi animnya gak dilanjutin tau lah kenapa? Padahal kan film2 yang masuk ke tanah air kaga selalu baru bisa jadi udah dua atau tiga atau bertahun2 baru masuk. Maklum lah film anim gitu loh. Pas tahun-tahun itu emank anim udh mulai jarang di puter kalo ada palingan minggu pagi doangan.

Yah mau gimana lagie, coz peminat pelem kebanyakan sinetron, drama taiwan, jepang, korea au lah apa lagi telenovela kale wkwkwk. XD

Nah sejak filmnya udah kagak tayang tau2 diulang dan di lanjutin di global TV baru deh pada buming. Yang gw heran pada kemana dah lu pada bocah-bocah? Gw aja yang bocah udah au duluan??

Gw ngomong gitu karena heran bingits sama kawand2 sekelas. Coz sejak animnya di puter di global baru dah cowok2 pada nonton dan mulai beli komiknya.

Koplaknya temen gw si pencetus pembeli pertama manga naruto sempet heran ke gw yang tau juga sama jalan cerita Naruto (pas itu anim lum di puter di global) dannnn cowok2 yang lain juga kaga gitu tau-tau banget.

Lucunya gw jarang ngomong, jarang nimbrung sama mereka2 cuma ketahuan aja kalo gw tau tentang Naruto. Gw sampe dibilang "sesama fans Naruto juga, lu jangan pelit doong" O.o ( padahal gw jarang ngomong sm temen gw itu, dan mereka dengan gampang maen ngomong gitu ke gewe cuma buat nitib fotokopi peta pulau doangan wkwkwk XD)

Yah kayak yang gw liat, karena cowok-cowok pada beli komik Naruto gw juga ikutan (tapi kaga koleksi yee) gw beli buat liat kayak gimana sih Art Worknya Masashi Koshimoto itu. Maklum karena masih kecil dan internet lum buming-buming amad jadi info-info kayak gini tuh cuma gw dapet dari beli komiknya sama majalah gitu deh.

Cz gw masih belum melek internet maklum, Hp lum ada yang layar sentuh. Padahal mah internet udah banyak di warnet-warnet. Tapi yah apa mau dikata kalau masih ecil dan internet belum jadi prioritas utama. Dibilang bahagia mah bahagia, cz mata gak atit karena keasyikan maen internet. Tapi buat dapet yang keren2 kagak ada hahaha (yg lewat iñternet loh yee)

Yup lanjut lagi. Kalo gw liat manga naruto tergolong manga jadul. Gw akui Masashi Koshimoto sensei jago banget gambarnya. Jempolan deh. Kalau liat gambar manga dari kanan-kiri - atas-bawah  udah biasa kali ya. Tapi ini sampe miring-miring, tebalik-tebalik (tokohnye loh yee yg terbalik XD) , setengah miring, bawah miring. Lah ini Masashi sensei niatnya mau irit kertas atau boleh jongkok atau jungkir balik nih?

Tapi jujur mantebnya. Dari berbagai manga yang pernah gw baca cuma Masashi Kishimoto sensei doangan yang berciri khas artwoknya kayak gitu. Terus cermin cembung cuy, cembungg yah bahasa kerennye fish eye , pasti Masashi sensei demen perhatiin seseorang lewat kaca sepion nih hahaha.

Kaga itu aje, efek jelek sama arsir dan bangunan roboh alias kena bencana alam/gempa bumi/ bekas berantem ( busyet berantem aje sampe ngerobohin bangunan ngapain aje looo  ) itu tuh semuanya sangat berciri khas.

Ternyata benar pemirsa, komik Naruto tuh komik mujadul selain ketahuan dari Art work alias hasil komiknya (yang jarang bahkan kagak ada bantuan komputer untuk shading tokoh biar makin yahud dan real) gw cek dari tahun publisernye gile taon 1999. Dan itu gw cek di komik yang udah di Tankubonin (dibundel jadi satu komik dengan judul Naruto udah gak gado2 dengan komik-komik lain, contohnya Nakayoshi, Hanalala) Gilanye masuk ke Tanah air alias di cetak tahun 2005 O.o

Singkat penjelasannya: gw beli komik pas di cetak tahun 2005 (masuk ke Indo) disitu di kasih tau komikny sudah di cetak dan dibundel menjadi satu komik (di tankubon) oleh Shuieisha tahun 1999.
Sedangkan komiknya ongoing tiap tiap minggu di terbitin di majalah mingguan Shounen JUMP.

Gila berapa proses tuh? Tiap minggu dikumpulin sampe 9 chapter, terus di cetak ulang oleh Shuieisha terus di ekspor sampe ke sini dan tiap bulan baru di terbitin. Wah gak heran kalo jadul.

Tapi yah kawand2 kadang komik yang boleh di terbitin di majalah mingguan atau bulanan agar bisa ditankubonin itu kadang butuh waktu yang gak deket juga loh! Denger-denger tergantung dari peminatnya, atau entahlah kebijakan penerbit mungkin. Coz Naruto aje yang di shounen JUMP tau-tau bisa si Shuieisha~ yah kalau itu saya kurang tau pemirsa hahaha.

Tapi bisa jadi sih coz manga samurai depper kyo aja yang -rupanya- juga debut di bulan oktober 1999 di majalah Shuukan Shounen Magazine (naungan penerbit Kondansha) [animonster 59 tahun 2004] baru di tankbonin di tahun 2004 padahal manganya udah rilis sejak tahun 1999 (kayak naruto) so baru di tankubonin 5 tahun kemudian. Yah bisa jadi kondansha udah mabok kebanyakan manga yang mau di tankubonin jadi ada gilirannya gitu wkwkwk XD

Itu gw jg baru engeh pas liat manga Depper Kyo yang udah di tankubonin tahun 2004 (sama kondansha) dan masuk ke tanah air 2005 [Tapi bukan manga vol 1 loh yee] . Dan sama halnya dengan manga naruto yang kebetulan pas tahun itu masuk bareng ke tanah air tahun 2005, tetapi udah di tankubonin di tahun 1999.  Intinya di manganya liris di tahun yang sama 1999 tapi di tankubonin dengan tahun yang berbeda Depper kyo 2004 kl naruto di tahun 1999. Oy dengan catatan manga narutonya bukan yang terbaru yee. Dan bukan vol pertama juga, gw sengaja bandingin sama manga yang lagi muncul saat tahun itu. Manga narutonya juga pas naruto masih kecil sasuke juga lagi galau ikut orochimaru atau memilih tinggal di desa aje.

Awalnya tuh yee gw kira pantesan aja Naruto mujadul gitu orang di terbitin aje tahun 1999 sedangkan sama depper kyo aje tahun 2004. Pantesan kok naruto doangan yang gak pake efek-efek komputer. Yaelah sama komik serial cantik aje kalah shading. Tapi rupanya manga Depper kyo juga debut di tahun 1999. Lah teyus kok kaga ada efek-efekan sih??

Yah itulah seni. Meski Masashi Kishimoto sensei kaga pake shading-shadingan kaga pake komputer-komputeran, pakenya pas ngegelapin halaman doangan itu juga kalo ada flashback dan palingan untuk ngedit teks aja. Itulah yang jadi ciri khas dari manga karya Masashi Kishimoto sensei.

Tapi meski tahun demi tahun udah berlalu dan berganti. Penggunaan efek komputer bisa bikin komik jadi makin wow. Masashi sensei tetap mempertahankan teknik dan ciri khasnya. Dan enggak menambahkan penggunaan efek shading kekomiknya.

Yah itulah karya seni yang di bumbui oleh cerita. Masashi sensei tetap konsisten dan fokus ke cerita dan Art work awalnya.
Dari pada pusing pertimbangin pake shading atau kagak yang malah bikin galau. Mending tetep maju ngegambar dan membuat cerita bukan?

Secara gak langsung postingan ku ini mengingatkan saya atas kefokusan yang dilakukan setiap mangaka. Seperti Mangaka Masashi Kishimoto yang saya bahas ini.

Tapi arti sebenarnya bukan hanya berarti dalam manga semata. Melainkan "fokus" dan "konsisten" terhadap "Apa yang ingin kau kerjakan"

Meski banyak pilihan yang mampu membuat apapun yang kau buat menjadi indah, sukses dan keren. Tapi ingat selalu akan tujuan awal.

Yakinkan diri sendiri untuk membuat pilihan. Kalau sudah oke dan ingin lebih oke dengan situasi yang memumpuni, boleh deh kamu melakukan sebuah hal agar pilihan dari keinginan mu semakin oke.

Tapi kalau udah manteb dan kayakna kamu kagak bisa. Yah kgak usah di paksain kalee. Tar bukannya kelar malah melar lagie hhaha

Contohnye nih mau buat aplikasi buat sidang skripsi. Udah oke aplikasinya tapi kamu kaga puas dan waktu masih banyak, boleh lah di tambahin atau lu rombak juga boleh. Tapi kalau udah mepet, udah tinggal besok sidang, tapi Appnya kaga bisa kelar sehari yaudah dah yang udah jadi aje. Tar lu rombak sidangnya gimana doong?

Yah penutup postingan, konsisten, fokus dan yakin.

Meski Naruto adalah karya seni jadul tapi karya seni apapun akan selalu baru bagi siapa aja yang belum pernah baca atau nonton. Dan meski udah tau udah lama sekalipun karya seni itu tidak akan pernah memudar di hati para penggemarnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.