Jumat, 05 November 2010

Tugas 7

Mata Kuliah : Dasar Pemasaran
Dosen : Septi Mariani . SE. MM


1. Jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran!
  •  Konsep produksi
Anggap bahwa pemasaran yang berorientasi kepada proses industri, bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk dengan harga yang murah atau terjangkau, sehingga fokus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya baik produk maupun distribusi agar dapat menjual barang dengan harga murah yang dapat terjangkau bagi konsumen.


  • Konsep produk
Konsumen lebih menginginkan(menghendaki) produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan menarik,oleh sebab itu dalam memasarkan suatu produk biasa dan sengaja dikemas semenarik mungkin karena dapat menunjang peminat dalam suatu produk.


  •  Konsep penjualan
Anggapan bahwa pemasaran berorientasi kepada tingkat penjualan(internal) sehingga perlu dipengaruhinya konsumen, agar penjualan dapat meningkat sehinga tercapainya profit maksimum dalam penjualan yang merupakan tujuan perusahaan.


  • Konsep pemasaran
Anggapan bahwa pemasaran berorientasi kepada pelanggan (eksternal)dan konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan dapat  memberikan kepuasan.
Sehingga perusahaan memfokuskan untuk memenuhi kepuasan pelanggan melalui prilaku konsumen.


  • Konsep pemasaran yang memasyarakat (sosial)
Konsumen hanya bersedia untuk membeli produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat.


2. Sebutkan dan jelaskan bedanya pasar dengan pemasaran?
  • Pasar : merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual yang baik secara berkelompok maupu individu. 
  • Pemasaran : merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis baik secara profit maupun nonprofit yang berguna sebagai pemenuh kebutuhan pasar melaluii barang maupun jasa.


3. Apa beda kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran?


Kebutuhan dalam konsep pemasaran  merupakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan kepada konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.


Keinginan merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di dambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginana untuk bisa memuaskan konsumen serta  dapat memajukan perusahaannya.




Gambar Marketing MIX
4. Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan marketing MIX


Marketing Mix dapat disebut sebagai bauran  pemasaran yang memiliki elemen-elemen yang biasa disebut sebagai 4ps yaitu produk,tempat,dan promosi yang berguna sebagai penunjang dalam kegiatan marketing atau pemasaran.
















Sumber :


Budiarto,Teguh, Dasar Pemasaran, Universitas Gunadarma, 1993


http://en.wikipedia.org/wiki/Marketing_mix

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.