Jumat, 27 Mei 2011

Menghemat Baterai Ponsel


Ponsel menjadi alat yang hampir dimiliki oleh setiap orang, dari berbagai lapisan usia dan berbagai lapisan ekonomi.
Fitur dan kemampuannya, tidak lagi sekedar untuk menelepon dan pengiriman layanan pesan singkat. yang biasa kita kenal sebagai SMS.
Tetapi penggunaanya juga untuk hal yang lain seperti mendengarkan musik, memotret, hingga mengakses internet.
Ponsel-ponsel masa kini memang tidak hanya menarik dari segi tampilan, tai juga dari segi spesifikasi dan harga yang lebih bersahabat menyusul skala keekonomian yang lebih terjangkau.
Melihat keberagaman fungsi itulah, setiap pengguna , khusunya yang bermobilitas tinggi, mengharapkan agar baterai ponselnya memiliki daya tahan yang cukup tinggi untuk mengakomodai berbagai kebutuhan. Sebab tanpa baterai ponsel tak akan ada artinya, oleh sebab itu maki kita simak beberapa tips berikut untuk menjaga agar baterai ponsel anda lebih tahan lama.

1. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mematikan fungsi backlight atau meredupkn backlight.

seperti redupkan brightness layar ponsel anda hingga lima puluh persen agar energi baterai yang terpakai lebih hemat, dan atur durai backlight, agar tidak terlalu lama menyala. Cukup 5-15 detik saja
Tapi apabila fungsi ini sangat dibutuhkan, ada baiknya untuk mengatur waktu backlight agar padam setelah beberapa detik ponsel dalam keadaan idle. Pengaturan tersebut misalnya setelah lima detik hingga sepuluh detik.

2. Ada baiknya bila pengguna ponsel memperhatikan sinyal ponsel/ Jangan paksa ponsel ketika sulit sinyal

Jika berada didaerah yang tidak terjangkau sinyal, akan lebih baik untuk mematikan ponsel terlebih dahulu. Sebab , ponsel akan terus berusaha mencari sinyal, sehingga mengakibatkan baterai menjadi boros.

3. Mati-hidup ponsel

Jangan terlalu sering menyalakan dan mematikan ponsel anda, karena tenaga yang dibutuhkan untuk mencari kembali jaringan membutuhkan daya yang cukup besar  dan hal ini dapat mengurangi waktu siaga ponsel antara stu hingga dua jam.


4. Gunakan yang diperlukan saja

Jika tidak terlalu perlu, fitur bluetoot, wifi,GPRS, atau infrared  yang umumnya melengkapi sebuah smatphone sebaiknya dimatikan jika tidak digunakan dan jangan sering-sering bermain game, mendengarkan musik dan melakukan panggilan video , karena hal tersebut juga akan menyedot daya baterai.

5. Upayakan untuk tidak terlampu sering menggunakan fitur voice seperti bermain game.

Sama hanya dengan memotret yang akan banyak menyedot energi, tetapi jika terpaksa akan lebih baik untuk mematikan flash atau lampu kilat.

6. Simpan ponsel ditempat yang tepat

Letakkan ponsel anda di tempat yang temperaturnya normal sehingga tidak terjadi kerusakan akibat suhu yang terlalu tinggi atau rendah.
Misalnya, jangan letakkan ponsel di dalam mobil yang terkena matahari, di atas laptop, atau mesin game yang suhunya panas.

Sumber : Kompas







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.