Rabu, 29 Februari 2012

Animasi Rio


Ingin jalan-jalan? Ingin parade? Atau mau melihat keindahan pantai dari atas langit?
Yup kebetulan sekali! dikesempatan kali ini saya akan membahas animasi yang akan menunjukkan itu semua.
Seperti indahnya parade, lautan, burung-burung yang berwarna-warni hingga eksotisnya kota Brazil yang keren bangeeet....
Dah dari pada kelamaan yuk kita simak cerita yang menampung semua itu hehehe

Suatu hari didalam hutan mulailah para burung bernyanyi dan menari-nari indahnya. kok kyk dangdut??
Bukan!! dah lanjut lagi....

Para burung yang berwarna-warni menyanyi dan menari. Seakan mereka berpesta menikmati indahnya hidup mereka.
Hingga suara nyanyian alias kicauan mereka membangunkan seekor anak burung yang tidur terlelap didalam sarangnya. Anak burung yang berwarna biru itu kemudian melihat para burung penghuni hutan berpesta, menari dan bernyanyi.

Tetapi sialnya, disaat kegembiraan tersebut terjadi.... kesenangan mereka terusik saat manusia menangkap burung-burung tersebut. Tak terkecuali si anak burung kecil itu.
Kemudian mereka yang tertangkap dimasukkan kedalam truk kecil untuk dijual sebagai koleksi burung-burung eksotis.
Dalam perjalanan, salah satu dari kardus yang menampung burung-burung tersebut jatuh pas di depan sebuah rumah atau toko dipinggir jalan. Seorang anak yang diketahui bernama Linda memungutnya dan menemukan si anak burung biru dan memutuskan untuk merawatnya hingga besar.

Blu and Linda
Bertahun-tahun kemudian Linda dan anak burung yang ia namai Blu tinggal bersama. Sebagai seekor burung liar Blu dilatih, bahkan terlatih. Blu pun hidup layaknya seperti manusia dapat makan makanan manusia dan dapat membuka sangkar rumahnya sendiri.

Suatu hari datang seorang laki-laki ketoko Linda dan menyatakan bahwa Blu merupakan burung Macau yang langka. Laki-laki yang bernama Tulio Monteno itu berniat untuk mengembangbiakkan Blu dengan sejenisnya dan meminta agar Linda ikut bersamanya ke pusat konservasi Rio de Janeiro yang berada di Brazil. Hal itu di sebabkan karena asalnya Blu adalah seekor burung Macau yang berhabitat di brazil.

Awalnya Linda tidak menyetujui keinginan dokter burung tersebut apa lagi Deng kondisi Blu yang tidak dapat terbang, tapi atas ajakan dan niat baik Monteno akhirnya Linda memutuskan untuk pergi ke Brazil.
Linda and Tulio
Disana blu dibawa dan dimasukkan kedalam ruangan yang sudah diatur semirip hutan (habitatnya) yang didalamnya terdapat burung betina bernama Jewel.

Ternyata Jewel galak sekali! Dia berniat kabur dari ruangan tersebut karena ingin hidup bebas! Blu yang berniat tidur dibawah daun-daunan terusik dan meminta agar Jewel tidak berisik.
Jewel mengerti Blu santai saja, karena Blu merupakan hewan peliharaan tidak seperti dia hewan liar yang mengharapkan kebebasan.

Disaat Linda dan Tulio pergi untuk makan, penangkaran dijaga oleh seorang penjaga yang suka menari. Penjaga tersebut tertipu oleh seekor burung putih yang terlihat sakit. Dengan cepat burung tersebut menutup hidung penjaga dengan saputangan yang telah dilumuri obat bius sehingga penjaga tersebut pingsan tak berdaya. Di saat bersamaan seorang anak masuk dan menculik Blu dan Jewel!

Mereka kemudian dibawa kepada tiga orang yang salah satunya adalah boss yang menyuruh Fernando(anak yang menculik) untuk menculik Blu dan Jewel. Intinya mereka adalah penyelundup burung-burung dengan modal menculik atau mencuri burung-burung tersebut.

Jewel yang berusaha kabur berhasil tertangkap oleh Nigel si burung putih yang tadi mengelabuhi penjaga. Akirnya Blu dan Jewel di borgol bersama dan dimasukkan kedalam sangkar. Mereka tidak dapat kabur karena takut oleh Nigel yang kuat. Tapi Jewel tetap berusaha kabur. Tapi tidak tahu bagai mana caranya....

Yah maklumlah binatang sangkar di grendel tetep ja ga au cr bukanya
Eits Tapi lain dengan Blu,dia dengan gampang dapat membukanya sebab terbiasa membuka grendel di sangkar rumahnya.

Nigel

Nah mulai seru nih pembaca
Saat Blu dan Jewel dapat meloloskan diri dari kurungan sangkar burung, mereka dikejar oleh Nigel!
Karena Blu tidak dapat terbang, dengan susah payah Blu dan Jewel berlari bersama dengan kaki yang diborgol bareng. Dengan menaiki seng rumah orang mereka meluncur dan berhasil meloloskan diri dari kejaran Nigel dan dua anak buah si boss penculik tersebut.

Esok paginya Blu dan Jewel sampai di semak-semak dan jalanan setapak. Mereka kemudian dikerjai oleh anak-anak burung dipatuki dan dinaiki, hingga aksi jahil anak-anak burung tersebut terhenti disaat ayah dari burung-burung tersebut datang. Burung yang bernama Rafael mengira Blu dan Jewel sepasang kekasih hingga menggunakan borgol bersama, setelah mendapat penjelasan dari mereka berdua Rafael mengerti dan berniat membantu mereka. Sebenarnya si Rafael berniat pergi menonton parade yang dilakukan di kota.

Rafael, Blu and Jewel
Rafael kemudian mengajak mereka berdua ke kota untuk bertemu Luiz, sebab Luiz dapat melepaskan borgol mereka berdua.
Di tempat lain Nigel memaksa para kera-kera kecil untuk menangkap sepasang burung biru macau. Kera-kera yang ber-Gank tersebut mau ga mau bantui juga si Nigel itu karena diancam Boss si kera diancam akan dibunuh oleh Nigel.

Terus gimana dong dengan nasib Linda majikan si Blu itu?
Setelah mengetahui hilangnya Blu Linda bersama Tulio mencari Blu sambil memperlihatkan selembaran hewan hilang, mereka melakukan tersebut dari malam Blu hilang sampai pagi. Karena kelelahan mereka berdua ketiduran dipinggir pantai dan terbangun oleh Fernando yang membangunkan Linda yang tertidur pulas bersama Tulio.
Fernando yang merasa bersalah memberi tahu keberadaan Blu dan mengantar mereka berdua ketempat burung-burung itu di selundupkan.
Sayangnya burung-burung tersebut raib karena sudah dipindahkan kedalam mobil. Karena para penyelundup tersebut tidak dapat pergi kebandara (lantaran bakal macet karena parade) mereka berniat ikut parade agar dapat menggunakan jalanan.

Lanjut lagi ke si Blu dan Jewel yaa

Marmosets leader
Dalam perjalanan Blu, Jewel dan Rafael, ke tempat Luiz mereka mampir kesebuah tempat dimana banyak burung-burung berpesta untuk menari dan penyanyi sekaligus teman Rafael bernama Nico dan Pedro yang membawa acara tersebut.
Tapi sekali lagi acara tersebut berantakan gara-gara Gank kera aliaz Marmosets mengobrak-abrik tempat tersebut dengan maksud menagkap sepasang burung Macau biru itu.

Setelah berhasil meloloskan diri Blu,Jewel,Rafael dan dua penyanyi Nico dan Pedro pergi ketempat Luiz. Luiz yang seekor Bulldog berniat memutuskan rantai borgol dengan bantuan mesin. Tapi Luiz terpeleset oleh air liurnya yang menetes dan mendorong kedua burung Macau tersebut.
Spontan Jewel terbang karena takut dan menyelamatkan Blu yang nyaris terpotong oleh mesin itu. Mereka yang terpental ke arah Luiz, menyebabkan rantai mereka tergigit oleh Luiz. Karena air liur Luiz terus mengalir air liurnya mengalir ke kaki Jewel dan Blu ajaibnya mereka terlepas dari borgol tersebut.

Luiz and Blu
Karena Jewel lepas dia sangat senang dapat terbang lagi, mereka berniat pergi ke parade untuk melihatnya. Tapi biasalah Blu yang melihat kegembiraan Jewel setelah bebas dia merasa sedih karena tidak dapat bersama Jewel karena harus kembali kepada teman sekaligus majikannya Linda.

Setelah cekcok aliaz adu mulut eh adu paruh marah-marah gitu
Jewel pergi dia terbang meninggalkan Blu...
Sialnya Jewel tertangkap oleh Nigel dan di bawa kemobil yang akan menyamar sebagai bagian dari parade.

Blu yang menyesal akhirnya memutuskan untuk menolong Jewel bersama teman-teman burungnya yang lain.

Btw Linda sama Tulio gimana yach?
Setelah mendengar pembicaraan si penyelundup tersebut, mereka berdua menyamar sebagai peserta Parade dengan niat melepaskan Blu dari si para penyelundup tersebut.

Pedro and Nico
Akhirnya Blu dkk sampai di tempat parade, mereka berhasil masuk kedalam mobil, tapi lagi-lagi mereka ditangkep sama Nigel tak terkecuali temen-temennya Blu (kecuali si Luiz loo cz dia malah ikutan nari di parade)

Linda yang melihat Blu masuk kedalam salah satu mobil yang ikutan parade, mengikuti mereka dengan bantuan Fernando tentunya.
Linda dan Tulio yag berhasil sampai bandara terlambat karena burung-burung tersebut sudah diangkut kedalam pesawat. Melihat hal tersebut Linda pasrah dan sedih bercampur aduk.

Rupanya Blu menggunakan otaknya untuk menjebol kurungan, dengan bantuan botol pemadam kebakaran dia berhasil keluar dan melepaskan semua teman-temannya dan burung-burung tangkapan lainnya.
Blu juga membuka kabin kapal agar para burung dapat terbang aliaz kabur dari pesawat.

Karena Blu tidak dapat terbang dia keburu dihadang oleh Nigel,meski demikian Blu berhasil lolos dan Nigel terkena baling-baling pesawat terbang dan jatuh entah kemana.
Dengan berani Blu melompat dari pesawat sambil mencengkram Jewel karena dia tidak ingin kehilangan burung yang di sayanginya..

Hmm gimana ya nasib Blu dan Jewel?
Apakah mereka hanya jatuh bersama kedalam lautan?
Apakah Blu dapat bertemu kembali dengan Linda pemiliknya?

Mau tau jawabannya?
Nonton sendiri...
hahahaha
Tanggung amat ya
Biarin dech pembaca gag seru kalo cuma diceritain, mending nonton sendiri tinggal dikitt lagi abis dah
hehehe


Oh ya Judul nama Rio ini diambil dari nama ibukota negara bagian Rio de Janeiro, bagian tenggara Brazil yang memiliki makna "Sungai Januari " dalam bahasa Portugis.
Carlos Saldana
Film animasi garapan sutradara Carlos Saldana (pembuat Ice Age) ini dibuat sesuai dengan tribut kota asalnya di Brazil jadi ga heran kalo pemandangan alam yang disajikan Khas Brazil Banget, mulai dari Patung Yesus Kristus ( Cristo Redentor) yang ada di puncak Gunung Corcovado, pemandangan kota dan pantai Rio de Janeiro yang keren abizz hingga stadion sepak bola yang ada di animasi tersebut. Tak itu saja Carlos Saldana pun juga memperlihatkan pemukiman kumuh di Rio de Janeiro sehingga animasi ini terlihat real dan mendetail.

Animasi Rio ini diliris tahun 2011 persisnya tanggal 8 april 2011, diproduksikan oleh Blue sky Studio dan 20th Century Fox studio selaku present.
Pemeran-pemeran di isi suaranya oleh
Linda(Leslie Mann), Tulio(Rodrigo Santoro), Blu (Jesse Eisenberg),Jewel (Anne Hathaway), Rafael (George Lopez), Nico (Jamie Foxx), Pedro (Will i Am), Fernando (Jake T. Austin), Luiz (Tracy Morgan), Nigel (Jemaine Clement) dll

Dari animasi ini kita memetik sebuah nasihat bahwa sebenarnya kita mampu untuk melakukan suatu hal meski kita tidak ingin melakukan hal tersebut.
Apapun itu semuanya memiliki konsekuensi, tapi bila kita mau mencoba mungkin saja kita dapat meraih yang kita inginkan. :)


Image Source : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.