Sabtu, 10 Maret 2012

Karakter dan Sifat yang Patut Kita Tiru melalui Karakter Pixar Animation


Hai sobat-sobat bila kalian menyukai film kartun alias animasi pasti kenal lah dengan studio animasi Pixar. Melalui karya-karyanya yang sudah terkenal dan sering kita lihat di berbagai saluran televisi swasta maupun bioskop hehe.


Tapi tau ga? Rupanya dari sekian banyak karya-karya Pixar yang keren itu terkandung berbagai sifat-sifat dan karakter yang ok juga loh. Dan ga ada salahnya bila kita mengikuti sifat-sifat tersebut.


Nah dari pada kelamaan, Yuk kita lihat karakter-karaker berikut siapa saja sih yang harus kita ikuti?


1.Wall.E "Kerjaaaaa"
Kok kerja? Yup betul sekali cuma satu kata "KERJA".
Banyak orang bermalas-malasan untuk bekerja, enggak dirumah, dikampus, dikantor, sampai-sampai di lingkungan rumah maunya maless doang....
Malu dong sama "Wall.E"
Wall.E saja tetap kerja. Meski ga ada yang mandorin alias perintahin dan ngeliatin. Tapi dia tetap bekerja! baik dikala panas maupun dingin, dengan rajin dia tetap bekerja tanpa mengeluh..
Salut dech buat Wall.E !




2. Up  "SETIA"
Wew setia pas banget nich buat para pasangan-pasangan atau sejoli yang udah nikah atau belum. Musti banget setia, kenapa tidak?  malu tau dengan "Carl" tokoh utama di film UP ini . Dia tetap sayang, cinta dan setia banget sama Elie hingga maut pun memisahkan mereka berdua.....
Salut banget dech sama kesetiaan Carl!




3. Ratatouille "Mengejar mimpi"
Karaker berikut ini memang terdengar mustahil. "Emil" seekor "tikus" yang ingin menjadi seorang koki.
Tapi ternyata tidak! Meski sangat sulit untuk diakui sebagai koki karena hewan, dan sulit untuk dipercaya karena tergolong hewan pengerat tapi dengan optimis dia berhasil diakui bahkan oleh seorang kritikus makanan sekalipun!
Hebat ya, jadi jangan takut gagal teman-teman...


4. A Bug’s Life "Inovatif"
Ada baiknya bila kita terus mengembangkan berbagai bakat dan kemampuan kita seperti "Flik" si semut pekerja yang berinovasi dengan berbagai penemuannya. Meski awalnya dianggap aneh dan enggak normal menurut kaumnya dalam mengumpulkan makanan, tapi sebenarnya penemuannya merupakan penemuan yang baru dan inovatif ketimbang mengumpulkan makanan dengan menganggkutnya dengan cara yang primitif (cara semut ngangkut makanan)
So! ga ada salahnya bila kita mengembangkan pemikiran dan ide-ide kreatif kita yang baru agar semakin inovatif tentunya.




5. Cars "Merendahkan diri"
Maksud dari "Merendahkan diri" disini berarti tidak sombong dan menyadari akan perbuatan dan kesalahan kita baik dimasa lalu maupun sekarang.
Hal tersebutlah yang patut kita tiru dari "Lightning McQueen" seorang pembalap hebat yang terkenal dan dipuja sekalipun dapat ditinggalkan oleh kawanannya bila memiliki sifat sombong, angkuh dan mau menang sendiri.
Memang perbuatan dimasa lalunya tidak dapat dikembalikan kembali, tapi seiring dengan berjalannya waktu dan kejadian-kejadian yang menimpanya, Lightning McQueen dapat "Mengubah" bahkan "Membuang" sifat buruknya tersebut.
Yah meski suatu kali kita berada di suatu puncak "kejayaan" ada baiknya bila kita memperhatikan sekitar kita dan bersifat layaknya orang biasa dan tidak menunjukan kehebatan dan keangkuhan. Karena "Kesuksesan" atau "Kejayaan" yang kita dapatkan sekarang ini berasal dari orang-orang disekitar kita baik secara langsung maupun tidak langsung "Mereka" turut berperan dalam "Kesuksesan" kita ini...


6. Toy Story "Rasa kebersamaan"
Kok kebersamaan mank apa hubungannya?
Yup ada dong! rasa kebersamaan disini berati mengurangi rasa cemburu kita pada hal apapun.
Seperti Woody yang awalnya "cemburu" kepada Buzz Lightyear yang sekarang lebih diutamakan dan disenangi dari padanya. Tapi sadar atau tidak rasa kecemburuan dan BT tersebut perlahan akan berubah menjadi persahabatan apa bila kita mau menyingkirkan "rasa" tersebut dan mau membuka hati untuk berkomunikasi dan mencoba memahami orang yang mungkin kita anggap sebagai "Rival" tersebut.
Dan... tanpa sadar "Rasa Sebal" atau "Rival" akan berubah manjadi "Rasa Kebersamaan" baik suka maupun duka...


7. Finding Nemo "Believe"
Percaya akan apapun yang layak terjadi......
Itulah yang mungkin harus dimiliki oleh "Marlin" seorang ayah yang takut kehilangan anaknya "Nemo"...
Yup wajar sih bila kadang kita takut kehilangan, tapi semuanya akan berubah menjadi lebih baik bila kita mampu mengadaptasikan rasa Paranoid kita itu dengan menyalurkan dengan cara yang lebih wajar. Kita dapat menyalurkannya dengan cara berkomunikasi, dan nasehat-nasehat kepada "Sesuatu" yang kita anggap "Berharga" agar "Mereka yang berharga" tersebut dapat memahami dan menghargai apa maksud dan niat baik "Kita".
Bukankah semuanya akan menjadi lebih baik bila kita dapat saling memahami dan mengerti, bila semuanya sudah terlaksana tentu rasa paranoid tersebut dapat sirna dan berubah menjadi "Kepercayaan" yang luar biasa.............
Wow mantep kan?


8. Monsters, Inc. "No Problem About Image"
Apa jadinya bila objek yang harus kita sakiti dan takuti malah berbalik menakuti kita?
Wow inilah yang menguji Sulley monster terpopuler dalam menakuti anak-anak. Meski awalnya cuma didepan berani menakut-nakuti ehh malah ketakutan sendiri haha jangan-jangan kalian tergolong kategori tersebut lagi........hahaha
Eits tapi jangan malu dulu teman-teman meski kadang beberapa dari kita lebsih sering terlihat dengan "Image" yang seram dan "Angker" duluan tapi belum tentu dengan "Hatinya" Seperti Sulley contohnya. Meski dia terlihat "angker" bagi anak-anak tapi begitu bertemu dengan anak-anak dia lah yang pertama kali memutuskan untuk berteman,merawat anak tersebut dengan "Kasih sayang" meski sementara hehehe.
Jadi, jangan minder sama "Image" kalian karena dibalik itu semua ada "Something" yang tidak dimiliki oleh semua orang-orang


9. The Incredibles "Keluarga yang tidak dapat dipisahkan"
Hmm rada mirip kyk Up nich tapi point ini sudah pasti ga bakal dilewatkan! Sebab melibatkan "Keluarga" loo
Kenapa tidak Mr Incredible berani mengorbankan segalanya demi menyelamatkan keluarganya, begitu juga dengan Elastis Girl istrinya, dia tetap setia dan berjuang bersama dengan suami dan anak-anaknya karena dia tidak ingin suaminya berjuang sendirian melawan robot jahat.
Bahkan dia pun mengungkapkan bagaimanapun dia adalah istrinya Baik dikala "senang" maupun "susah"


So, oleh sebab itu semuanya harus dilalui bersama! baik suka maupun duka karena segala kesulitan apapun dan pilihan tersulit apapun dapat dilalui dan dapat dipecahkan bersama.
Apalagi bila didukung oleh keluarga tentu beban yang diterima akan lebih ringan iya ga? ;)


Hmm meski mereka diceritakan berkekuatan super tapi ga ada bedanya loo dengan kita Coz segala pemikiran, kekuatan, keputusan dan kesetiaan semuanya dapat berasal dari dalam "Kehangatan Keluarga" yang tidak dapat dipisahkan........... woo so sweet hehehe


Sifat-sifat dan karakter animasi barusan sebenarnya belum mengkuak semuanya, coba kita tengok dari Cars2 ,toystory2 dan 3 yang disetiap cerita memperlihatkan sifat dan sisi-sisi karakter lain.
Yah tapi dalam pembahasan kali ini saya hanya mengambil jalan besarnya meski lebih tertuju pada Sekuel pertama.
Tapi menurut saya contoh kecil tersebut sudah cukup untuk memperlihatkan dan menjelaskan karakter yang patut kita tiru hehehe


Sekali lagi meski cuma animasi tapi animasi-animasi barusan menyimpan berbagai arti dan makna, bukan dari gambar dan tokoh tapi "Kekuatan cerita" yang didalamnya terdapat nilai-nilai yang mengacu pada perbuatan kita sekarang maupun yang akan datang bahkan perbuatan baik dan harus kita lakukan.


Nah bagai mana teman-teman?
Kita terapkan yuk ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.