Rabu, 30 Mei 2012

Telur Paskah Unik Karya Peter Carl Fabergé yang Tak Pernah Lekang Waktu

Hmm postingan kali ini saya akan membahas tentang telur paskah karya Peter Carl Fabergé,Kok bisa ya?
Yup tentu saja bisa, karena pada hari ini tepat tanggal 30 mei 2012 google memperingati hari ulang tahun Peter yang ke 166 dengan memasang doodle logo Fabergé egg di awal portal search enginenya, jadi saya tahu deh kalau hari ini ulang tahun beliau. Hehehe


Sekilas biografi Peter Carl Fabergé


Peter Carl Fabergé merupakan seorang Seniman Easter Egg kelahiran Saint Petersburg, Rusia tahun 1846 dari pasangan Gustav Fabergé dan Charlotte Jungstedt. Semasa hidupnya Peter Carl Fabergé mengenyam berbagai pendidikan seni seperti pada tahun 1864 peter menerima pendidikan sebagai tukang emas yang dihormati di Jerman, Perancis dan Inggris. Serta mengikuti kursus di College Komersial Schloss di Paris. Ia juga menjadi seorang pengamat di galeri museum terkemuka Eropa.
Setelah menyenyam berbagai pendidikan tentang seni Peter kemudian kembali St Petersburg dan menikah Augusta Julia Jacobs di usianya yang ke 26 tahun.


1893 Caucasus Egg
Gift Alexander III to Maria Fyodorovna
Pada tahun 1882, Peter mengambil alih perusahaan ayahnya Gustav Fabergé, setelah Hiskias Pendin sang mentor dan tutor di perusahaannya meninggal. Sebagai penerus dan pengrajin, Peter menciptakan karyanya yang unik sesuai dengan ciri khasnya tersendiri yang tentunya tidak terikat dari perusahaan ayahnya. Hal tersebut terjadi setelah ia  dianugerahi gelar Master Goldsmith. Sebagai seorang pengrajin Peter tidak sendirian ia dibantu oleh saudaranya Agathon, yaitu seorang desainer perhiasan yang berbakat dan kreatif.



Awal pembuatan telur paskah dimulai saat Peter mendapat tugas dari Tsar Alexander III untuk membuat sebuah telur paskah sebagai hadiah untuk istrinya, Ratu Maria. Ternyata pada tahun berikutnya Tsar memesan kembali telur yang lain. Kemudian dari tahun 1887, Peter mendapatkan kebebasan penuh dalam merancang sendiri telur paskahnya.


1897 Coronation Egg 
Gift Nicholas II to Alexandra Fyodorovna
Sejak saat itu perusahaan Peter selalu memproduksi telur Paskah dengan desain-desain unik dan rumit dari berbagai macam bahan, mulai dari emas hingga permata, dan telur-telur itu akhirnya dikenal pula sebagai Fabergé egg. 




Pembuatan telur paskahnya juga berlanjut hingga Tsar berikutnya, Nicholas II yang memerintahkan dua telur 
setiap tahun, yang nantinya akan dia berikan kepada ibunya dan istrinya, Alexandra. Pembuatan telur tersebut akhirnya menjadi tradisi dan terus berlanjut hingga Revolusi Oktober. Hingga sekarang telur-telur karya Peter untuk Tsar Alexander III dan Nicholas II terdapat 50 buah yang memiliki berbagai variasi bentuk dan warna


1899 Pansy EggGift Nicholas II to Maria Fyodorovna  
Perusahaan Fabergé kemudian menjadi bisnis perhiasan terbesar di Rusia. Selain si St Petersburg perusahaan Fabergé kemudian membuka cabang di Moskow, Odessa, Kiev dan London.


Peter Carl Fabergé meninggal pada 24 September 1920, akan tetapi hingga sekarang telur-telur paskah ciptaannya tetap dibuat bahkan dengan berbagai jenis model dan kategori. Telur-telur ciptaannya juga menjadi berbagai inpirasi bagi para seniman-seniman lainnya di berbagai belahan dunia. Sungguh luar biasa ya :)
Benar-benar tidak lekang dari waktu ^^


Oya bila kalian ingin melihat telur-telur karya Peter Carl Fabergé yang di persembahkan kepada Tsar Alexander III dan Nicolas II kalian dapat melihat ke link ini http://www.mieks.com/faberge-en/eggs.htm, semoga kalian suka yaa ^^ 








Special thanks for : Google for great picture and information, for wikipedia, for sidomi.com and mieks.com


Source:
http://en.m.wikipedia.org/wiki/Nicholas_II_of_Russia
http://sidomi.com/99113/peter-carl-faberge-seniman-easter-egg-di-logo-google-hari-ini/
http://www.mieks.com/faberge-en/eggs.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.