Kamis, 18 Oktober 2012

Awal Mula Olimpiade di Dunia


Setelah kesuksesan olimpiade Beijing 2008 pada tahun 2012 ini London mengadakan acara olimpiade musim panas tepat setelah terhitung empat tahun dari olimpiade sebelumnya.

Tapi kalau di pikir-pikir dari mana ya asalnya olimpiade itu?

Olimpiade awalnya berasal dari Yunani kuno akan tetapi pada tahun 393M olimpiade diberhentikan oleh Kaisar Romawi bernama Theodosius. Kemudian pada tahun1896 seorang bangsawan Perancis bernama Pierre Frédy Baronde Coubertin menghidupkan kembali ajang pertandingan olah raga tersebut.
Kemudian pada tahun yang sama 1896 dipilihlah ibu kota Yunani, Athena sebagai tuan rumah bagi oimpiade modern pertama. Seiring perkembangan zaman olimpiade sampailah seperti sekarang ini.

Ternyata olimpiade terbagi menjadi dua bagian yaitu olimpiade musim panas dan musim dingin.
Olimpiade musim panas dilakukan setiap empat tahun sekali, bila olimpiade musim dingin juga dilakukan setiap empat tahun sekali tetapi dengan selang waktu dua tahun dari penyelenggaraan olimpiade musim panas.

Hal yang membedakan olimpiade musim panas dengan olimpiade musim dingin adalah jenis olah raga dan atlet pesertanya. Pada olimpiade musim dingin untuk olah raga es dan salju, untuk atlet yang kekurangan fisik (Paralimpiade) dan untuk atlet remaja atau disebut sebagai olimpiade remaja.

Sumber: olympic.com
Sumber gambar : Pikiran rakyat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.