Senin, 31 Desember 2012

Tidak Film ku Hilang..

Teman-teman pasti diantara kalian ada yang gemar sekali menonton film bukan? Dari film bergenre  Action, Sience-fiction, Comedi, Magic, Horor, Romance, sampai Animasi.

Nah dari sekian macam genre film-film tersebut ga mungkin para pencinta fim melewatkan film-film kesayangan mereka. Selain menonton di Bioskop dan televisi. kadang saking sukanya dengan film-film bahkan aktris maupun aktornya para pencinta film membeli film-film tersebut. Baik berkategori DVD, VCD dan Blue-Ray.

Seperti pembahasan ku kali ini tentang film adalah berhati-hatilah! pada Film Kesayangan Kalian!
Wow hati-hati kenapa?
Hati-hati pada penyimpanan maupun penggunaan film kalian.
Film yang berada dalam pelat plastik seperti pada "Terutama" DVD rentan sekali hilang!

Jujur Ini adalah pengalaman pribadi saya sendiri. Suatu hari saya membeli sebuah DVD berfilm movie yang berkualitas HD.
Film tersebut hanya tiga kali saya tonton di DVD player, saya menyimpan DVD tersebut di tempat penyimpanan DVD seperti kebanyakan penyimpanan lainnya (di dalam album DVD yang memiliki resleting). Setelah sekian lama kira-kira satu atau dua tahun lamanya saya iseng mengecek isi album DVD saya alih-alih ada berapa banyak koleksi film-film saya selama ini.

DVD yang mengalami kerusakan
 menjamur, menghitam
hilang isinya dan membening
Dan ternyataaa.........
film saya raib hilang tak berbekas!
Maksud tak berbekasnya bukan DVDnya ilang, DVD saya tetap ada, tetap bersih dan licin seperti sebelumnya
Tapi yang menyeramkannya DVD tersebut berwarna putih! bening seperti pelat plastik biasa.....
DVD saya berubah tidak seperti DVD maupun VCD normal lainnya yang memiliki warna mengkilap seperti hologram pada pelat DVD/CD tersebut.

Awalnya saya kira cuma bersih doang, saya setel di DVD player yah saat itu DVD playernya tetep nyala sich. Tapiii filmnya ga mulai-mulai alias ga ngeplay... Yah  raib sudah film ku ini.....
Saking tidak percayanya, saya tanyakan masalah DVD saya pada orang-orang yang pernah memiliki pengalaman tentang DVD, pas di kasih liat ehh mereka malah pada gag percaya kok bisa ilang... malahan mereka baru liat DVD bisa begitu.

Baru kali ini saya mengalami hal ini, biasanya DVD yang rusak mengalami perubahan warna pada pelat DVD tersebut, seperti pelat menghitam, menjamur dan bernoda bercak-bercak.
Rupanya selain hal-hal tersebut DVD bisa bersih licin jadi pelat pelastik beginie....

Padahal saya menyimpan DVD saya tidak di tempat yang lembab seperti di dalam lemari atau laci. Saya menyimpan di atas meja yah memang kondisi ruangan cukup sedikit lembab (dingin).

Jadi ada baiknya bila kalian lebih memperhatikan penyimpanan CD/DVD kalian "Terutama DVD" sebab DVD yang berwarna coklat sangat rentan rusak, menjamur, bahkan memhilang! seperti kasusu DVD saya barusan.

Perbandingan DVD sehat dan Rusak
(yang rusak yang putih bening)
Hal tersebut terbukti dari beberapa koleksi DVD kakak saya dan ayah saya yang juga megalamai nasib yang sama......
Akan tetapi berbeda dengan CD/VCD yang memiliki pelat berwarna cerah, CD/VCD tersebut tidak mengalami ganguan seperti jamur dan lainnya.
Yaa mungkin saat itu memang lagi kebetulan gag kena kali yaa ehehehe.

Jadi lebih hati-hati ya teman-teman...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.