Selasa, 30 April 2013

Animasi Sammy's Adventures The Secret Passage


Laut- laut sudah menjadi pemandangan biasa, sejauh mata memandang hanya terlihat lautan terhampar luas. Hal tersebutlah yang akan kita lihat dalam film Animasi satu ini.


"Laut-laut aku ingin ke laut, bagaimana pun caranya aku harus kesana, aku harus menyusul saudara-saudaraku! Semuanya jangan tinggalkan aku....."
Teriak Sammy salah satu dari sekian banyak penyu yang baru menetas dari gundukan pasir....
Diceritakanlah pada sebuah pantai dimana telur-telur penyu menetas dan para tukik berusaha pergi kelautan. Dan salah satu adalah “Sammy” (di perankan oleh: Isabelle Fuhrman, saat sammy baru menetas kemudian oleh Yuri Lowenthal setelah dewasa) Sammy yang terlambat keluar dari gundukan pasir, tidak beruntung karena tidak dapat naik keatas pantai.  Akhirnya dengan susah payah dia hampir berhasil naik dan berniat untuk mengejar teman-temannya. Akan tetapi burung camar yang kejam langsung menerkam tubuhnya dan membawanya terbang untuk dimakan.....
Saat dibawa terbang Sammy berusaha untuk lepas dari cengkraman burung camar tersebut. Dengan cepat dia mengenai mata sang burung camar yang mengakibatkan burung itu oleng dan menabrak burung camar lainnya.

Berkat insident tersebut, Sammy berhasil lepas. Sesaat kemudian dia baru menyadari perbuatannya telah menyelamatkan kawanannya yang bernasib sama dengannya.

Sammy yang berhasil lepas dari paruh burung camar itu jatuh, pas diatas sebuah bongkahan kayu. Sesaat kemudian ia melihat tukik yang tadinya bernasib sama dengannya yang diketahui bernama "Snow" (diperankan oleh) berteriak kepadanya agar sadar dan segera pergi dari bongkahan kayu tersebut.

Karena pusing setelah jatuh dari ketinggian langit. Sammy hanya melihat Snow yang diajak pergi oleh tukik lain. Snow yang berniat mendekat dengan cepat tersapu ombak dan menghilang meninggalkan Sammy....

Kemudian Sammy memulai petualangannya diatas bongkahan kayu yang diketahui adalah sisa rakit dari sebuah perahu. Meski dia terpisah dari kaumnya dia mencoba untuk bersosialisasi dengan penyu lainnya akan tetapi dia tidak di terima bahkan diejek sebagai penakut.
Beberapa saat kemudian Sammy bertemu seekor tukik jenis lain yang juga tidak diterima oleh tukik-tukik lainnya yang bernama “Robbie”(diperankan oleh Darren Capozzi) menyadari akan nasib yang sama akhirnya Sammy memutuskan untuk bersahabat dengan Robbie.

Beberapa tahun kemudian Sammy dan Robbie terus tumbuh. Mereka bertualang mengelilingi samudra dan dunia hingga 50 tahun lamanya dengan mengapung di atas bongkahan kayu yang biasa menjadi tempat tinggal dan bermain mereka.
Seiring bertambahnya waktu bongkahan kayu tersebut tidak dapat menampung mereka berdua yang sudah semakin besar. Akibatnya bongkahan kayu tersebut hancur. Pertengkaran kecil terjadi dan Robbie memutuskan pergi meninggalkan Sammy. Saat itu jaring pengangkut ikan menjaring Sammy. Melihat hal tersebut dengan cepat Robbie mengejar Sammy, sedihnya Robbie juga terjaring oleh jaring ikan yang lain.
Mereka dibawa keatas kapal dan saat itulah Sammy dan Robbie terpisah karena kapal pengangkut ikan tersebut berbeda.

Setelah beberapa saat, nelayan yang menyadari keberadaan Sammy di kapal melepaskannya di lautan. Sammy yang lelah karena kepanasan diatas daratan ditolong oleh lumba-lumba dan Sammy akhirnya terdampar di sebuah pulau.

Di pulau ternyata Sammy ditolong oleh sekelompok orang yang menetap dipulau tersebut. Sammy dirawat dan bertemu dengan penyu jenisnya bernama "Sally" penyu betina yang lebih besar darinya dan seekor kucing bernama "" yang selalu menakut-nakutinya.
Sekelompok orang tersebut melepaskan Sally yang sudah sehat dan merawat Sammy. Sammy yang terbiasa dengan kehidupan "keluarga barunya" itu dengan terpaksa ditinggal dengan orang-orang tersebut ketika polisi datang dan menyerbu tempat tinggal mereka yang dianggap ilegal.

Sammy yang tertinggal, memutuskan untuk menetap dan berharap orang-orang yang merawatnya dapat kembali tetapi sayangnya tidak...
Meski sedih, Sammy memutuskan untuk pergi dari daratan pulau itu dan rupanya dia bertemu kembali dengan Sally sang penyu betina yang pernah 1 tempat tinggal dengannya.
Rupanya didalam lautan ada seekor hiu yang berniat menerkam penyu lain. Melihat hal itu dengan berani Sammy mendorong hiu tersebut untuk melepaskan penyu yang akan di makan itu dan ternyata penyu itu adalah Snow!
Setelah bersembunyi hiu tersebut berhasil di usir oleh Sally dan pergi meninggalkan mereka bertiga.

Akhirnya setelah berpamitan dengan Sally, Sammy memutuskan untuk melanjutkan pertualang bersama Snow.
Bersama-sama menelusuri lautan, bahkan hingga pergi ke pinggiran sungai.
Sayangnya dalam bertualang sekali lagi Sammy harus terpisah dengan temannya. Karena suatu insiden yang menimpa mereka berdua.

Meski sendirian Sammy melanjutkan petualangannya hingga sampailah dia pada daerah dingin penuh salju. Sammy yang terombang ambing sendirian kemudian ditolong oleh Green Peace Worker dia dibawa kepenangkaran hewan dirawat dan diperiksa kesehatannya. Saat itu lah dia melihat Snow yang di lepaskan.
Saat dia dirawat, Sammy bertemu kembali dengan si kucing hitam yang dimiliki oleh sekelompok orang yang dulu pernah menolongnya. Dia juga bertemu dengan manusia si majikan kucing hitam yang merupakan orang yang dulu pernah merawatnya di pulau.

Akhirnya setelah beberapa waktu Sammy di lepaskan dan pergi bertualang kembali. Saat itu dia bertemu dengan kawan lamanya Robbie! Yang terperangkap dalam sebuah kontainer. Dengan berbagai usaha Sammy menolong sahabat lamanya sekaligus saudara angkatnya itu.

Robbie kemudian mengajak Sammy ketempat tinggalnya dan memperkenalkannya dengan Istrinya. Sammy yang masih sendiri kemudian diajak kedalam bongkahan kapal karam untuk menemukan Snow. Sebab bongkahan kapl itu merupakan tempat berkumpunya penyu-penyu lajang yang mencari pasangannya.

Akhirnya dengan berbagai macam kejadian lucu, dan tak disangka Sammy berhasil menemukan Snow tapi Snow sedang diajak bicara dengan penyu jantan lainnya.....
Meski demikian apakah Sammy berhasil mendapatkan cinta Snow?
Atau apakah Sammy harus merelakan Snow dengan pejantan lainnya?
Yup itu lah yang menjadi akhir dari cerita animasi ini.

Animasi berjudul Sammy's Adventures-The Secret Passage ini merupakan Animasi garapan studio Sony dan berada di direkturi oleh Ben Stassen dan naskah oleh Domonic Paris.

Animasi ini mengajarkan kepada kita untuk lebih menghargai berbagai kondisi alam dan mahluk hidup lainnya. Tentunya kita sebagai manusia yang merupakan mahluk paling tinggi dari mahluk ciptaan Tuhan lainnya bisa lebih memperhatikan, melindungi dan menghargai mahluk-mahluk hidup lainnya.
Sebab selain kita siapa lagi yang akan merawat dan melestarikan mahluk hidup ciptaan Tuhan tersebut?
Seperti yang Sammy rasakan ia hanyalah satu dari sejuta mahluk hidup yang tinggal di lautan akan tetapi ia menyadari dibutukannya keterlibatan manusia untuk kelanjutan hidupnya.

Source: Imdb Sammy The Secreat Passage 2010
Image Source: Google and movieseer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.