Minggu, 31 Oktober 2010

Hari Halloween

Hari Halloween apa ya?
Oy hari pake kostum-kostum gitu ya yang seram-seram gitu ya...
Hiy takuuuttttt
Eits jangan takut dulu dong! kan bukan setan atau hantu beneran hehehe.
Pasti hal tersebut yang kadang muncul di benak kita kalau mendengar kata Halloween, dan benar jangan takut duluan dong tar gak dibahas deh tentang Halloweennya...Hehehehehe
Oy kok orang luar suka mengatakan “Trick or Treat” sih disaat hari Helloween dan kapan ya hari Halloween itu?
Hari Halloween itu berada setiap tanggal 31 oktober bertepatan pada akhir bulan oktober yang biasa dirayakan pada malam hari,dan merupakan tradisi yang berasal dari Irlandia,dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara.
Hari Halloween ini biasanya di rayakan di Amerika Serikat dan dirayakan oleh anak-anak dengan mengenakan berbagai kostum seram dan berkeliling di setiap rumah tetangga untuk meminta permen atau coklat sambil berkata “Trick or Treat” .


Kalau dipikir-pikir dari mana ya sejarah awalnya Halloween tersebut? kenapa harus menggunakan kostum seram untuk berkeliling rumah ,tidak menggunakan kostum lainnya yang membuat penampilan kita terlihat ok atau cute?
Sebenarnya hari Halloween berasal dari festival Samhain yang dirayakan oleh orang Kelt zaman kuno, festival Samhain itu merupakan perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan orang Gael yang kadang-kadang suka disebut dengan Tahun Baru Kelt.

Mereka yang menganut paganisme menggunakan hari festival untuk menyembelih hewan ternak dan menimbun makanan pada musim dingin.Bangsa Gael kuno juga percaya bahwa tiap tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan dunia orang orang hidup menjadi terbuka, Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen.


Saat merayakan festival mereka orang Gael menyalakan api unggun untuk membakar tulang-tulang hewan yang telah mereka sembelih,kemudian bangsa Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpura-pura sebagai roh jahat atau berusaha berdamai dengan mereka.

Biasanya Hari Halloween identik dengan kostum setan,penyihir,hantu,tengkorak dan setan-setan seperti mahluk-mahluk seram yang biasa kita lihat di film kebudyaan Barat. Selain itu biasanya Hari Halloween ditandai dengan buah labu Parang besar(seperti buah blewah) yang di bentuk wajah dan biasa digunakan untuk menghiasi rumah ataupun pekarangan rumah.

Kita juga bisa loh merayakan Halloween meski hal tersebut merupakan hal yang jarang di Indonesia ini ada baiknya juga bila kita mencoba sekalian dapat menjadi ajang bermain bersama teman-teman tukar menukar info seputar Halloween bak kostum maupun info, dan dapat pula menjadi ajang seru-seruan bersama teman-teman, serta dapat menjadi tempat mengasah kreativitas bersama sahabat-sahabat yang kita sayangi. ^-^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.