Senin, 22 Agustus 2011

Become Vegetarian !!

Vegetarian merupakan salah satu gaya hidup tanpa daging yang kian di gandrungi oleh banyak orang di tiap belahan dunia, bahkan gaya hidup ini sudah menjadi gaya hidup interasional seperti di Singapura, Thailand, Malaysia dan Indonesia.
Akan tetapi masih banyak orang beranggapan bahwa vegetarian bukan hal yang penting, bahkan  merugikan kesehatan dengan mengidentifikasikan badan kurus, kurang sehat, gampang sakit, tidak pandai mencerna pelajaran yang di sebabkan karena vegetarian.
Tapi sebenarnya vegetarian tidak seburuk itu, vegetarian sebenarnya sangat menyehatkan dan ternyata gaya hidup tanpa daging ini sudah ada sejak tahun 1847.

Sebelumnya Kata Vegetarian ini berasal dari bahasa Latin vegetus berarti keseluruhan, sehat, segar, hidup dan mulai digunakan secara formal pada tanggal 30 September 1847 oleh Joseph Brotherton dan kawan-kawan di Northwood Villa, Kent, Inggris.

Vegetarian atau yang dikenal sebagai gaya hidup tanpa daging sebenarnya terbagi menjadi beberapa macam seperti  seperti Vegetarian Ovo, Vegetarian Lacto, Vegetarian Lacto-Ovo, Vegetarian Pollo, dan vegan.  Secara garis besar dibagi menjadi dua bagian, yaitu Vegan dan Vegetarian.
Bila Vegetarian adalah sekelompok orang yang tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari mahluk hidup, tetapi masih mengonsumsi produk olahan hewan, seperti susu, telur, madu dan keju. Sedangkan bila vegan merupakan nabatiawan ketat yang anti memakan makanan yang mengandung daging dan tidak mengonsumsi produk olahan hewan sama sekali.

Awalnya ada alasannya mengapa orang-orang melakukan vegetarian, yang pertama adalah alasan agama, seperti pemeluk agama Buddha, dan ada juga yang terpaksa karena mengidap beberapa penyakit, sehingga diharuskan untuk tidak mengonsumsi daging / olahan hewani tertentu.

Akan tetapi dalam perkembangannya pola vegetarian mulai banyak diminati bahkan berkembang menjadi gaya hidup masyarakat. Vegetarian yang awalnya  merupakan ajaran agama/ kepercayaan kian banyak berkembang untuk  mentransformasi diri dari kesehatan, etika sampai menyentuh lingkungan.

Tapi kadang masih banyak orang yang ragu-ragu dalam melakukan vegetarian, serta beranggapan  akan kekurangan nutrisi tubuh dalam melakukan berbagai aktivitas akan tetapi  hal tersebut tidak lah benar , dalam melakukan vegetarian tubuh akan lebih sehat, karena kerja alat-alat tubuh tidak dipaksakan. Bukankah hewan seperti kuda, sapi, dan kerbau tetap sehat? mereka hanya memakan rumput selama bertahun-tahun tetapi tetap memiliki tenaga yang kuat bahkan tenaga yang mereka miliki lebih besar dari tenaga manusia....


Kuda memiliki tenaga lebih besar dari manusia.
Padahal kuda hanya mengandalkan rumput sebagai makanannya.



Jadi tidak ada salahnya bila ingin bervegetarian, sebab vegetarian bukan hal buruk, bila ingin bervegetarian tapi masih sulit maka kalian dapat menambahkan sayur atau tempe di dalam menu makanan. Sebab selain sehat dengan bervegetarian kita dapat lebih mengetahui bahwa sayuran memiliki rasa yang tidak kalah enak dari rasa daging.
Selain itu kita juga dapat lebih menghargai apapun ciptaan Yang Maha Kuasa yang telah Ia sediakan kepada kita
Iya kaaa...




Sumber : http://www.siddhi-sby.com/artikel/artikel-dharma/48-pola-hidup-vegetarian.html
http://organisasi.org/jenis-macam-vegetarian-aliran-vegetaris-vegan-lacto-ovo-pesco-pollo-lacto-ovo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.