Jumat, 26 Agustus 2011

Yuk Membuat Dunia Semakin Bersih dengan Memilah Sampah Milik Kita

Dunia semakin berubah, baik  cuaca, lingkungan hingga  taman sekalipun tidak luput dari perubahan. Semakin berkembangnya pembangunan, iptek dan teknogi, memungkinkan semua lingkungan bahkan dunia ikut berubah.

Tapi disetiap perubahan memiliki konsekuensi , seperti kebersihan lingkungan. Kebersihan yang kian marak menjadi permasalah di setiap tepat, harus ditanggulangi dengan baik.
Salah satu contohnya adalah pembenahan sampah di setiap daerah apabila tidak ditanggulangi dengan baik dapat menyebabkan sampah-sampah tersebut terbengkalai.

Contoh Sampah yang telah di daur ulang
Sebenarnya sampah-sampah tersebut tidaklah sampah semata, sampah-sampah tersebut sebenarnya dapat didaur ulang menjadi produk baru yang bermanfaat.
Akan tetapi masalahnya adalah bila  kita tidak dapat mendaur ulangnya, apa bila tidak dapat mendaur ulang, maka sampah-sampah tersebut hanya menjadi sampah semata yang terus menumpuk, Nah dari pada menumpuk dan dibuang begitu saja ada ada baiknya bila kita pilah sampah-sampah tersebut bukan?

Tapi bagaimana caranya? soalnya kadang sampah yang kita buang suka tercampur dengan sampah -sampah lainnya yang basah dan jijik untuk memilahnya, nah berikut adalah tips dari saya untuk memilah sampah yang mudah cepat dan praktis tentunya ^^

1. Kebanyakan orang-orang membuang sampah langsung ke dalam satu tempat sampah/ menjadi satukan semua jenis sampah kedalam satu wadah.
Bila kalian memiliki tempat sampah lebih dari satu, kalian dapat mengkategorikan tempat sampah tersebut, atau membagi dua yang satu sebagai sampah * Organik yang satu lagi Sampah Anorganik


Catatan:
* Jenis sampah
Sampah Organik termasuk sampah  basah, berupa kulit pisang, sampah sayuran dll, yang dapat terurai oleh mikroba. 
Sampah Anorganik termasuk sampah kering, berupa plastik, besi, kaleng, botol dlll, yang tidak dapat di urai oleh mikroba.





2. Tapi bila kalian tidak punya atau malas mengkategorikannya, kalian dapat menggunakan kantong plastik/ wadah semacamnya, Caranya mudah sekali kalian tinggal mengkaitkan kantong plastik di pintu/ jendela.
Masukan botol bekas, kaleng, kertas maupun plastik bekas lainya kedalam kantong/ wadah yang kalian kaitkan tersebut.
Meringankan beban para pemulung

Oy bila sampah sudah penuh di kantong  dan ingin di buang, buanglah di atas kantung sampah basah (sampah organik ) jadi kantong sampah kering diatas kantong sampah basah. Untuk memudahkan para  pemulung  mengambil sampah kering tersebut.

Cara kedua tersebut merupakan cara yang ampuh loo, saya sudah menerapkannya dirumah tanpa sadar sampah kering/ Anorganik sudah terkumpul banyak di kantong plastik. ^^


Dengan begini tanpa sadar kita sudah menerapkan pemilahan sampah, selain itu kita juga turut membantu para pemulung yang mencari sampah anorganik untuk mereka daur ulang menjadi barang-barang baru yang lebih bermanfaat.

Lagipula apa bila sampah-sampah tersebut tidak di daur ulang, maka sampah-sampah tersebut akan terus bertambah dan menumpuk di duniaaaa.
Hiiiyy gak baget kaaaan bila seluruh dunia di penuhi dengan sampah...



Sampah yang Menumpuk Hiiiy


Nah karena itu ayoo kita lakukan pilah-piih sampah-sampah dari sekarang, Sebab dari hal-hal kecil tersebut kita bisa membantu dunia semakin bersih looo.

Ayo pilah Sampah demi Dunia Kita Yang Tercinta Ini :)

Sumber Gambar : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.