Senin, 25 Juni 2012

Ilustrasi dan Karikatur Ciptaan Jitet Koestana yang Unik dan Mendidik


Haloo seperti biasa nich mumpung ada waktu luang ku sempatkan waktu untuk menulis postingan kali ini hehehe. Nah seperti judul diatas saya memang akan membahas tentang ilustrasi ciptaan Jitet Koestana.





Jitet Koestana adalah seorang kartunis/karikaturis yang sering mengisi ilustrasi pada koran harian Kompas yang bekerja di harian Kompas, selain GM Sudharta. Pria kelahiran 4 Januari 1967 ini telah dinobatkan sebagai karikaturis peraih penghargaan internasional terbanyak di Indonesia oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada tahun 1998.
Setiap saya melihat koran harian kompas kadang bahkan sering saya meihat karikatur dan iliustrasi-ilustrasi ciptaan senior Jitet ini. Khasnya beliau menciptakan ilustrasi manusia yang lucu, simple dan mendidik tentunya. Tak jarang satu koran harian kompas memiliki ilustrasi ciptaan beliau Jitet.
Saking sering melihatnya hampir semua goresan-goresan tinta yang di tuangkan oleh beliau Jitet tentu sangat khas, sekali lihat sudah pasti jelas ilustrasi tersebut merupakan ciptaan Jitet Koestana hehehe.
Hebatnya sebagai ilustrator beliau Jitet mampu menggambar ekspresi dari setiap tokoh yang ia gambar tak lupa dengan detil penampilan yang dilukis sehingga mencerminkan perubahan tokohnya dari waktu ke waktu.
Selain itu tak hanya ekspresi dari tokoh manusia yang diciptakan oleh Jitet Koestana, beliau juga sering melukiskan ekspresi bagi mahluk hidup-maupun tidak hidup di sekitarnya sehingga membawa kesan unik tersendiri. Hampir semua ilustrasi yang beliau buat unik simpel (dalam tokoh) dan mendetail untuk waktu dan sekitar tokoh tersebut. Sehingga karikatur dan ilustrasi-ilustrasinya terlihat hidup.

Ilustrasi-ilustrasi yang ia lukis juga mendidik, berani serta memperjelas maksud dari surat kabar yang ditulis jadinya kita lebih mudah paham akan maksud dari surat kabar tersebut. Selain lebih paham juga memberikan hiburan atas ilustrasi-ilustrasi yang ia buat, sehingga membawa kesan positif dan semangat dalam membaca surat kabar.

Nah mending kita lihat hasil goresan ilustrasi ciptaan Jitet Koestana berikut ini meski salah satunya pernah kalian lihat tapi ilustrasi-ilustrasi ciptaan beliau Jitet berikut ini patut di acungkan jempol :)
Source:http://m.kompas.com/news/read/2012/01/31/1138171 /Karikaturis.Harian.Kompas.Jitet
http://kartunmania.com/tag/jitet/#axzz1yit4aQz0
http://kartunmartono.wordpress.com/mengagumi-jitet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.