Jumat, 22 Juni 2012

Ulangtahun Jakarta

Beberapa hari yang lalu temanku menanyakan hari ulang tahun Jakarta kapan? Waduh ga engeh dah kalau mau ulang tahun Jakarta hehehe, di saat saya menonton televisi ramai sudah pemberitahuan ulang tahun Jakarta pada tanggal 22 juni 2012 ini hehehe Dimana-mana banyak ornamen-ornamen khas Jakarta yang di pampang di layar kaca Terutama Ondel-ondel, kembang kelape, dan pakaian adat Betawi yang sudah familiar sekali.

Wow seru dong pasti di Jakarta rame sekali apalagi bila sudah malam, pemandangan kota akan di hiasi dengan kerlap-kerlip lampu berbentuk kembang kelape di dekat lampu merah. *jiah sotoy amad ya XD wkwkwkwk. Hmm karena saya penasaran kapan persisnya hari ditetapkannya hari jadinya Jakarta, akhirnya saya menemukan sejarah lahirnya Jakarta yaitu pada tanggal 22 Juni 1527
Hahaha kita belajar sejarah lagi nich nah secara jelasnya mending kita tengok beberapa ulasan berikut biar kita bisa lebih faham akan sejarah dan kebudayaan bangsa kita :)
Tau tidak sebenarnya nama kota Jakarta yang kita kenal selama ini telah mengalami perubahan nama sebanyak tiga kali. Awalnya bernama Sunda Kelapa yang namanya di dapat dari sebuah kota bernama Kalapa yang menjadi bandar utama kerajaan Hindu yang bernama Sunda, kemudian pada tahun 1527 persis pada tanggal 22 juni pelabuhan Sunda Kalapa berubah lagi namanya menjadi Jayakarta dan menjadi kota Fatahillah. Kemudian sembilan puluh tiga (93) tahun lalu sekitar abad ke-16 Jayakarta di serang oleh Belanda dan nama Jayakarta di ganti menjadi Batavia, kemudian setelah Belanda pergi meninggalkan bangsa Indonesia nama Batavia di ubah kembali menjadi Jakarta pada saat kependudukan Jepang pada tahun1942-1945. Hingga sekarang setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia nama Jakarta tetap tidak berubah dan Pada tahun 1966, Jakarta memperoleh nama resmi sebagai Ibukota Republik Indonesia.

Hmm kalau di pikir-pikir kenapa tanggal hari jadinya Jakarta pada tanggal 22 juni 1527 ? Bukannya itu hari jadinya Jayakarta? Yup bila menurutku hari di tetapkannya menjadi tanggal 22 juni 1527 karena Fatahillah merupakan orang asli bangsa Indonesia maka di tetapkannya hari Jakarta pada saat Fatahillah menyerang Sunda Kelapa dan mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta.
Waah selamat ulang tahun ya Jakarta yang ke 485 semoga makin kedepan makin maju, semua kemiskinan, korupsi dan ketidakadilan habis diberantas.

Source: Bobo magazine
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15054680
Image source: http://mizan.com/index.php?fuseaction=news_det&id=793

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.